Paparan menarik akan menentukan keberhasilan unit kerja memperoleh Predikat WBBM.

 

Semarang – LPMP Provinsi Jawa Tengah, Kemendikbud – Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) menjadi predikat yang paling diidamkan bagi unit kerja di lingkungan instansi pemerintah. WBBM sendiri adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik. Untuk ditetapkan menjadi WBBM, unit kerja wajib memenuhi syarat, diantaranya telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), seluruh pegawai yang wajib LHKPN telah melaporkan ke KPK, pegawai yang tidak wajib LHKPN telah menyampaikan LHKASN, Nilai total (pengungkit dan hasil) minimal 85, dan bobot nilai per area pengungkit minimal 75.

Untuk kesuksesan dalam pelaksanaan evaluasi WBBM oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) selain pemenuhan komponen-komponen di atas, unit kerja juga harus dapat mempresentasikan pelaksanaan WBBM secara baik kepada evaluator. KemenPAN-RB biasanya hanya memberikan waktu 10-15 menit bagi unit kerja untuk mempresentasikan pelaksanaan WBBM. Untuk itulah unit kerja harus mempersiapkan paparan WBBM semenarik dan seinformatif mungkin.

Evaluasi WBBM dari KemenPAN-RB sangat mengapresiasi paparan WBBM yang dibuat oleh LPMP Provinsi Jawa Tengah, dan berharap paparan tersebut menjadi acuan bagi unit kerja lain khususnya di lingkungan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan dalam pembuatan paparan WBBM. Paparan WBBM yang dibuat LPMP Provinsi Jawa Tengah sangat menarik dan informatif dengan lebih banyak menampilkan infografis. Berikut materi paparan WBBM LPMP Provinsi Jawa Tengah yang disampaikan pada saat pelaksanaan evaluasi WBBM tahun 2020 oleh KemenPAN-RB.

 

Materi Paparan

Ada empat informasi besar yang perlu disajikan unit kerja dalam paparan pelaksanaan WBBM diantaranya 1) Profile lembaga; 2) Capaian kinerja lembaga; 3) capaian 6 komponen pengungkit; dan 4) Inovasi.

Profile lembaga menyajikan informasi terkait unit kerja yang bersangkutan seperti tugas dan fungsi, beban kerja unit kerja dan SDM yang dimiliki unit kerja. Informasi disajikan menggunakan infografis dan cukup satu slide.

Capaian kinerja lembaga menyajikan capaian-capaian kinerja yang telah dihasilkan unit kerja sesuai dengan indikator kinerja utama (Outcome) unit kerja. Capaian yang diinformasikan sebisa mungkin menunjukkan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya. Informasi capaian yang disajikan menggunakan infografis dan cukup satu slide.

Capaian 6 komponen pengungkit menyajikan informasi perkembangan capaian 6 area pengungkit. Informasi yang disajikan adalah kondisi sebelum dan sesudah pelaksanaan WBBM. Selain itu, disajikan pula informasi penghargaan-penghargaan yang telah diperoleh unit kerja dan survei kepuasan masyarakat.

Inovasi menyajikan inovasi-inovasi yang telah dikembangkan unit kerja. Informasi yang ada didalamnya meliputi rekomendasi evaluasi WBBM sebelumnya (jika ada), dampak dan fokus inovasi, informasi efisiensi anggaran, manfaatnya, jumlah pemakai inovasi dan survey kepuasan pemakainya serta menyajikan informasi daftar unit kerja lain yang telah melakukan benckmarking ke unit kerja. Informasi disajikan menggunakan infografis.




 

Pembuatan Paparan

Beberapa hal yang dilakukan dalam pembuatan paparan pelaksanaan WBBM 2020, antara lain:

  1. Pembuatan paparan menggunakan aplikasi yang biasa digunakan secara umum yaitu Microsoft Powerpoint, sedangkan untuk design layout disesuaikan dengan tema yang ada;
  2. Untuk pembuatan infografis yang berisikan informasi, kita dapat men-design-nya sendiri. Namun jika tidak dapat men-design sendiri, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan mencari design infografis yang sudah ada di internet. Salah website yang menyediakan model-model design infografis secara gratis adalah www.freepik.com. Selain model design infografis, website ini juga menyediakan foto-foto yang mungkin dapat kita gunakan untuk mendukung materi paparan. Website www.freepik.com mensyaratkan kita menjadi anggotanya jika ingin mengunduh lebih dari 1 file dalam satu hari, dengan maksimal unduh 10 file dalam satu hari. Jika ingin mendapatkan design infografis yang lebih banyak dan lebih bagus anda dapat membelinya;
  3. File yang diunduh berekstention “.jpg” dan “.ai”, maka kita perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian agar design infografis tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk melakukan penyesuaian design, kita harus sedikit menguasai adobe ilustrator;
  4. Setelah design infografis kita sesuaikan pada adobe ilustrator, file tersebut kita export menjadi file dengan ekstention “.png”. Dengan file “.png” akan memudahkan kita dalam  proses design paparan pada powerpoint-nya;
  5. Untuk kemudahan maupun kecepatan dalam proses perbaikan-perbaikan, teks-teks yang digunakan pada infografis sebaiknya dibuat di Powerpoint.

Semoga artikel ini membantu unit kerja yang sedang mengajukan diri menjadi unit kerja berpredikat WBBM, dan semoga berhasil meraihnya. (Imron,30/3/21)