Published On: 25 June 2024Categories: Berita, Headline

Workshop Teknis Videografi dan Jurnalisme di BBPMP Jawa Tengah

Kota Semarang – – Dalam upaya menyebarluaskan informasi terkait program prioritas Kemendikbudristek, media sosial digunakan untuk berbagai jenis konten untuk mendukung transformasi pendidikan. Pembuatan konten tersebut memerlukan keahlian dan kompetensi pegawai/Waliwilayah dalam mengambil gambar dan video yang baik agar kebijakan Merdeka Belajar dapat tersampaikan dengan efektif kepada masyarakat.

Panitia dalam kegiatan ini, Abimanyu, menyatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya workshop teknis videografi dan jurnalisme adalah untuk meningkatkan kompetensi pegawai, khususnya PDM 07 Publikasi dan Komunikasi BBMP Jawa Tengah.

“Workshop ini diikuti oleh 70 peserta dan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 25 – 27 Juni 2024, di Aula Kartini. Narasumber yang terlibat berasal dari internal dan eksternal, yang akan membantu peserta dalam membuat video dan foto yang baik sesuai dengan kaidah jurnalisme”. Ungkapnya saat memberikan sambutan panitia.

Sementara itu Katimja 2 dalam sambutannya saat membuka workshop, Hari Martono, menekankan pentingnya bagi waliwilayah untuk menyebarluaskan kegiatan daerah melalui berbagai media. Ia menyatakan bahwa pengetahuan teknis dan keterampilan dalam membuat video dan foto sangat penting bagi wali wilayah untuk menciptakan berita yang menarik dan informatif.

Ia juga mengingatkan pentingnya menyampaikan berita yang sesuai dengan kondisi daerah, sehingga informasi yang disampaikan bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung kebijakan Merdeka Belajar. Jelasnya sambil mengambil teori daei Abraham Maslow.

Heri menambahkan, selama workshop, peserta akan diberikan materi teknis dan  kesempatan untuk mempraktikkan teknik-teknik yang telah diajarkan cara mengambil gambar dan video dengan sudut yang tepat, mengedit konten untuk menarik perhatian audiens, dan menulis berita yang informatif dan menarik.

“Untuk itu di akhir kegiatan, peserta diharapkan tidak hanya mampu memproduksi konten yang berkualitas, tetapi juga dapat berperan sebagai agen informasi di daerah binaan masing-masing dengan menyebarluaskan informasi yang bermanfaat dan mendorong partisipasi aktif stakeholder pendidikan dalam program-program Kebijakan MerdekaBelajar”. Jelasnya.

Heri berharap kepada peserta workshop agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar peserta memiliki peningkatan kompetensi dalam bidang videografi dan jurnalisme.  Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam mendukung dan memperkuat peran PDM 07 Publikasi dan Komunikasi dalam memproduksi konten dan menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara kuas.

“Diharapkan, pelatihan ini akan memberikan dampak positif bagi pegawai dan Waliwilayah yang berkelanjutan dalam mendukung kebijakan Merdeka Belajar dan imllementasinya di daerah seluruh Provinsi Jateng .