Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/jseudsjv/public_html/wp-content/plugins/fusion-builder/shortcodes/components/featured-slider.php on line 239
Pembukaan: Nugraheni Triastuti, SE., M.Si.
- Asesmen mengukur secara holistik
- LPMP sudah melakukan asesmen tahun 2020
- Setelah review akan diujicobakan
- Setelah diperbaiki lagi akan diimplementasikan ke beberapa sekolah
- Bukan dril tp intervensi yang dilakukan sudah sesuai sehingga apabila dilakukan AN berhasil memuaskan.
- Akan diujicobakan diluar sekolah yang sedang diintervensi untuk bimtek AKM dan supervisinya.
- setelah diujicobakan akan digunakan di sekolah di jawa tengah.
- Setelah ujicoba akan dibandingkan sekolah yang diintervensi dengan yang tidak diintervensi.
- Mudah2an dapat sejalan dengan tujuan AN.
Orientasi Program: Drs. Slamet Trihartanto
Tujuan
- Terselenggaranya kegiatan Workshop (in – on – in) untuk mereview instrumen AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar untuk menghasilkan instrumen yang terstandar
- Sinkronisasi desain pengembangan instrumen AKM Numerasi, AKM Literasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
- Mereview dan merevisi instrumen 2020
- Menghasilkan produk instrumen 2021 berbasis hasil review dan revisi 2020
KOORDINATOR TIM NUMERASI : Dra. SUMINARSIH, M.Si.
NUMERASI SD
- Syamsul Arifin (SDN Slarang Kidul 02 Kab Tegal)
- Sigit Susiyadi (SDN Randusari Kab Wonosobo)
- Yustin Susanti,M.Pd (SD Negeri Menjangan)
NUMERASI SMP
- Budi Rudianto (SMPN 3 Jepon Blora)
- Ngabdi, S. Pd. (SMPN 2 Tegowanu)
- Wahyudi, S.Pd.I, M.Pd. (SMPN 2 Mandiraja Banjarnegara)
- Rahayu Setyorini, S.Pd. (SMP Negeri 14 Pekalongan)
NUMERASI SMA
- Ari Susanti, S.Si., M.Pd (SMAN 1 Ajibarang Banyumas)
- Suratmin (SMA Negeri 3 Semarang)
- Nina Ariesta, S.Pd (SMA Negeri 2 Sragen)
- Sutardi. S.Pd., M.Pd. (SMAN 1 Karangreja Purbalingga)
KOORDINATOR TIM LITERASI : Drs. SLAMET TRIHARTANTO
LITERASI SD
1.Andriyanto, S.Pd.SD. (SD Negeri 1 Soditan Kab Rembang)
2.Itah sensualita S.Pd.SD., M.Pd. (SD Negeri Kedungsari 4 Magelang)
3.Hana Septina Kristanti, S.Pd.SD (SD Negeri Dukuh 03 Salatiga)
LITERASI SMP
- Dwi Kumiasih (SMP Negeri 1 Purwanegara)
- Dwi Kriswanti (SMP Negeri 1 Pegandon)
- Lilik Nurhuda (SMP Negeri 1 Sigaluh Jateng)
- Emika Sondang Sugi Hastuti Sinaga (SMP Negeri 14 Pekalongan)
LITERASI SMA
- Giyato (SMA Negeri 1 Karanganyar)
- Widya Ristanti (SMA Negeri 5 Surakarta)
- Suwami (SMA Islam Hidayatullah Semarang)
- Agung Tri Laksono (SMA Taruna Nusantara)
KOORDINATOR TIM SURVEY KARAKTER : SRI HARTATI, M.Pd.
Widarti, S.Pd.,M.Pd (SD Negeri 4 Purwodadi)
Drs. Slamet Raharjo, M.Pd (SMP Negeri 3 Kebumen)
Sutomo, S.Pd., M.Pd (SMP IT Muhammadiyah Salatiga)
Suhardi, S.Pd., M.Pd (SMP Negeri 1 Muntilan)
Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd (SMA Muhammadiyah 1 Surakarta)
Drs. RM. Widodo Pramukanto, M.Pd. (SMK Negeri 1 Bawen)
Sri Budiani, S.Pd, M.Pd (SD Nasima Kota Semarang)
Atik Siti Maryam, M.Pd, Kons (SMP Negeri 2 Brebes)
Suhirman, M.Pd (SMA Negeri 2 Kudus)
KOORDINATOR TIM SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR: Dr. Alif Noorhidayati, M.Pd.
Lia Maylani Hendriyanti, S.Pd., M.Pd. (SD N Gisikdrono 03 Semarang)
Yati Kurniawati, M.Pd. (SMP Negeri 9 Salatiga)
Mudjiati, M.Pd. (SMP Negeri 2 Salatiga)
Dwi Riyani Darma Setianingsih, S.Pd (SMP Negeri 4 Banyumas)
Ida Fitriningsih, S.Pd., M.Pd. (SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara)
Kiswati, S.Pd.SD.,M.Pd (SDN Harjowinangun 2 Kec Dempet Demak)
KOORDINATOR TIM PENDAMPING : SUKAMAT, S.Pd., M.Si.
Zainal Kabir, S.E., M.Si.
Dedy Gunawan, M.Ed.
Heri Dwiyanto, S.S., M.Pd.
Dwi Kustari, S.Sos., M.Kom.
Ratna Juita, S.Psi.
Sudaryanta, S.Pd., M.Si.
Dwi Hery Nurhayanti, S.Pd.
Ninik Cahyaningsih, S.Pd.
Rustiyo, S.Pd.
Slamet, A.Md.
Nuning Khadijatus Shalihah, S.Si., M.Sc.
Imron Masyhadi, S.Kom.
Overview AKM Literasi: Drs. Slamet Trihartanto
Agenda
- Menyegarkan wawasan AKM Literasi
- Laporan Hasil Ujicoba AKM Literasi 2020
- Mereview Instrumen AKM Literasi
- Merevisi Instrumen AKM Literasi
- Diskusi dan Tanya Jawab menyiapkan Instrumen AKM Literasi 2021.
Hasil Kegiatan tahun 2020
- Hasil uji coba AKM Literasi SD, SMP, SMA di Jawa Tengah menunjukkan kompetensi mayoritas siswa masih rendah atau dalam predikat perlu intervensi khusus.
- Kualitas soal AKM Literasi perlu direview dan direvisi untuk mendapat instrumen yang valid dan reliable.
- Instrumen hasil review dan revisi itu selanjutnya perlu dilakukan ujicoba.
Analisis Kualitatif
- Gunakan Lembar telaah soal
- Kaji kualitas soal berdasarkan
- Materi
- konstruksi
- Bahasa
- Lembar telaah soal dapat digunakan format terlampir.
Analisis Kuantitatif
- Daya Pembeda
- Tingkat Kesukaran
Profesional Judgement
- Kami menganggap Bapak/Ibu peserta workshop adalah “ahlinya ahli” dalam membuat soal / Instrumen AKM Literasi.
- Keputusan suatu soal / instrumen AKM Literasi perlu direvisi sepenuhnya kami serahkan kepada Bapak/Ibu sebagai profesional
- Target final kegiatan ini adalah tersedianya Instrumen AKM Literasi hasil review dan revisi atas instrument AKM Literasi yang sudah ada.
- Produk Bapak/Ibu akan menjadi milik LPMP Jawa Tengah untuk dijadikan instrumen pemetaan kompetensi Literasi siswa SD, SMP, dan SMA di Jawa Tengah pada tahun 2021.
Overview AKM Numerasi: Dra. Suminarsih, M.Pd
Overview Survei Karakter: Sri Hartati, M.Pd
Peserta :
- Menelaah Konsep Karakter
- Menelaah Profil Pelajar Pancasila
- Menganalisis Peta Karakter Profil Pelajar Pancasila
- Menganalisis hasil ujicoba
- Menelaah Instrumen SK
- Merevisi Instrumen SK
Sudahkah siswa kita Berkarakter Pancasila
- Thomas Lickona (2005) menyatakan bahwa karakter yang baik terbentuk dari pengetahuan tentang kebaikan, keinginan terhadap kebaikan, dan berbuat kebaikan.
- Untuk membangun karakter yang baik, diperlukan pembiasaan dalam pemikiran, pembiasaan dalam hati, dan pembiasaan dalam tindakan.
- Proses pembiasaan ini dapat dilakukan sejak masa anak-anak hingga dewasa. dalam pikiran, hati, dan perilaku.
Tujuan Survey Karakter untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan karakter peserta didik agar usaha untuk pengembangan atau penguatan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan tepat. (bukan untuk memberi nilai/labelkarakter peserta didik)
Tingkatan Sikap
- Menerima
- (accepting) nilai
- Menanggapi (responding) nilai
- Menghargai (valuing) nilai
- Menghayati (organizing/ internalizing) nilai
- Mengamalkan (characterizing/ actualizing) nilai
Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
- Berkebinekaan global
- Bergotong royong
- Mandiri
- Bernalar kritis
- Kreatif
Menggambarkan tahapan karakter, yaitu :
- Memerlukan Bimbingan (belum menunjukkan)
- Mulai Berkembang (kadang-kadang)
- Berkembang (sering)
- Membudaya (selalu)
Overview Survei Lingkungan Belajar: Dr Alif Noorhidayati, M.Pd
*)arifin