Published On: 1 August 2023Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Foto: Tatiek Dyah Wardani, SE,.M.Kes. Waliwilayah BBPMP Jateng Kabupaten Kebumen saat mendampingi Penyusunan RKAD Berdasarkan Rapor Pendidikan Daerah pada hari Jumat (28/7/2023)

Kebumen – – Waliwilayah BBPMP (Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan) Jawa Tengah, telah selesai mendampingi proses penyusunan RKAD (Rencana Kegiatan dan Anggaran Daerah) di Kabupaten Kebumen. Acara berlangsung dengan sukses dan khidmat, dihadiri oleh peserta dari Disdikpora, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah), dan Biro Hukum Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Proses penyusunan RKAD ini diadakan di Ruang Pertemuan Disdikpora Kabupaten Kebumen pada hari Jumat (28/7/2023), dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai di rakortek.sipd. Rangkaian acara berlangsung lancar dan tertib dengan melibatkan berbagai pihak terkait untuk memastikan keselarasan dan kesesuaian RKAD dengan program pembangunan daerah yang berfokus pada SPM (Standar Pelayanan Minimal) bidang pendidikan.

Waliwilayah BBPMP Jawa Tengah Kabupaten Kebumen,Tatiek Dyah Wardani, menyatakan, “Kami tim Waliwilayah, sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam penyusunan RKAD ini. Kolaborasi yang baik antara Dinas Pendidikan, Bappeda, BPKAD, dan Biro Hukum Pemkab Kebumen menjadi kunci kesuksesan acara ini. Kami percaya bahwa RKAD yang dihasilkan akan menjadi panduan yang kuat untuk memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Kebumen.” Ungkapnya.

Sementara itu, peserta dari Disdikpora, Bappeda, BPKAD, dan Biro Hukum Pemkab Kebumen juga memberikan tanggapan positif. Mereka merasa senang dan terhormat dapat terlibat dalam proses penyusunan RKAD ini. Mereka menilai bimbingan dari Waliwilayah BBPMP Jateng sangat berharga dan menginspirasi. Dengan adanya RKAD yang terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan daerah, diharapkan pembangunan di sektor pendidikan dapat berjalan lebih efektif dan efisien dalam mencapai SPM (Standar Pelayanan Minimal) bidang pendidikan.

Peserta dari Disdikpora, Sekretaris Disdikpora, Afifah Indrawati menyatakan, “Acara ini memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya perencanaan yang matang dalam pengembangan pendidikan brdasarkan Rapor Pendidikan Daerah. Semoga RKAD yang telah disusun bersama dapat menjadi acuan yang kuat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kebumen.”

Sementara itu, perwakilan dari Bappeda, Hantari Martadewi, mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi bimbingan dari Waliwilayah BBPMP Jateng dalam proses penyusunan RKAD. Dengan RKAD yang tepat, kami yakin pembangunan di bidang pendidikan dapat terencana dengan baik sesuai dengan kebutuhan daerah sesuai dengan Identifikasi, Refleksi dan Benahi.”

Perwakilan BPKAD Kabupaten Kebumen, Suprapto, juga menambahkan, “Kami berharap RKAD yang sudah disusun dengan baik ini dapat memberikan dukungan finansial yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan di wilayah Kabupaten Kebumen.”

Tatiek Dyah Wardani mengucapkan terimakasih kepada¬† seluruh peserta atas partisipasinya dalam acara ini. “Semoga RKAD yang telah disusun sesuai SPM berdasarkan Rapor Pendidikan Daerah dapat menjadi panduan yang kuat untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata di Kabupaten Kebumen”.