Published On: 7 November 2023Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Foto: Walikota Pekalongan, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E., Serahkan Perwali Pencegahan Kekerasan di Sekolah ke Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti, SE,.M.Si.

Kota Pekalongan – – Walikota Pekalongan, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E., menyerahkan Peraturan Walikota (Perwali) Pekalongan Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Satuan Pendidikan kepada Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BB PMP) Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti, SE,.M.Si di NCC Ballroom Hotel Nirwana, Sabtu (7/11/2023).

Perwali tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Pekalongan untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Perwali ini juga sejalan dengan visi BBPMP Jateng yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Walikota Pekalongan, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E.,  mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin antara Pemerintah Kota Pekalongan dan BBPMP Jateng dalam bidang pendidikan. Ia berharap, dengan adanya Perwali ini, dapat mencegah dan menanggulangi segala bentuk kekerasan yang terjadi di satuan pendidikan, baik yang dilakukan oleh peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan.

“Kami berharap, dengan adanya Perwali ini, dapat memberikan perlindungan hukum bagi seluruh warga satuan pendidikan, serta memberikan sanksi yang tegas bagi pelaku kekerasan. Kami juga berharap, BB PMP Jateng dapat memberikan dukungan dan bimbingan dalam implementasi Perwali ini, sehingga dapat tercipta lingkungan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing,” ujar Walikota Pekalongan.

Sementara itu, Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti, menyambut baik langkah Pemerintah Kota Pekalongan yang telah mengeluarkan Perwali tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Satuan Pendidikan. Ia menilai, Perwali ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah Kota Pekalongan terhadap hak-hak dasar peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

“Kami mengapresiasi inisiatif Pemerintah Kota Pekalongan yang telah mengeluarkan Perwali ini. Kami berharap, Perwali ini dapat menjadi acuan bagi satuan pendidikan di Kota Pekalongan untuk menerapkan prinsip-prinsip pencegahan dan penanggulangan kekerasan, serta meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental warga satuan pendidikan. Kami siap memberikan fasilitas dan asistensi dalam pelaksanaan Perwali ini,” kata Kepala BBPMP Jateng.

Turut hadir dalam acara penyerahan Perwali tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, SH,.MH para pejabat, narasumber dan para undangan seminar serta Waliwilayah BBPMP Jateng Kota Pekalongan, Dr. Pujiadi, M.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan mengatakan, Perwali ini merupakan salah satu upaya konkret Pemerintah Kota Pekalongan untuk mewujudkan visi Kota Pekalongan sebagai kota pendidikan yang unggul dan berbudaya. Ia menambahkan, Perwali ini juga sejalan dengan misi Dinas Pendidikan Kota Pekalongan yang berupaya untuk meningkatkan akses, mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan di Kota Pekalongan.

“Perwali ini merupakan salah satu upaya konkret Pemerintah Kota Pekalongan untuk mewujudkan visi Kota Pekalongan sebagai kota pendidikan yang unggul dan berbudaya. Perwali ini juga sejalan dengan misi Dinas Pendidikan Kota Pekalongan yang berupaya untuk meningkatkan akses, mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan di Kota Pekalongan. Kami berkomitmen untuk mendukung dan mengawasi pelaksanaan Perwali ini di seluruh satuan pendidikan di Kota Pekalongan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan.

Dr. Pujiadi, M.Pd. Waliwilayah BBPMP Jateng Kota Pekalongan menyatakan, Perwali ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemerintah Kota Pekalongan dan BB PMP Jateng dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pekalongan. Ia menjelaskan, Perwali ini juga sesuai dengan tugas dan fungsi BB PMP Jateng sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penjaminan mutu pendidikan di Jawa Tengah.

“Perwali ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemerintah Kota Pekalongan dan BB PMP Jateng dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pekalongan. Perwali ini juga sesuai dengan tugas dan fungsi BBPMP Jateng sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penjaminan mutu pendidikan di Jawa Tengah. Kami akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Dinas Pendidikan Kota Pekalongan dalam mengimplementasikan Perwali ini di lapangan,” tutur Waliwilayah BBPMP Jateng Kota Pekalongan.