Published On: 24 February 2023Categories: Berita
[responsivevoice voice="Indonesian Female"]

Keterangan Foto: Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti, SE,.MSi. bersama pegawai Teladan di The Sunan Hotel Solo.

Solo – – Kaos warna hitam bertuliskan “Merdeka Belajar” yang dipakai oleh peserta, mendominasi hall utama saat pembukaan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 15 s.d. 17 Februari 2023 bertempat di The Sunan Hotel Solo yang di ikuti 250 peserta yang terdiri dari unsur
ASN BBPMP Provinsi Jawa Tengah.

Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Komitmen menginternalisasi budaya kerja dengan landasan BerAKHLAK diwujudkan melalui lahirnya peta jalan (roadmap) penguatan budaya BerAKHLAK.

“Fokus roadmap tersebut dibagi menjadi tiga poin utama, yakni sosialisasi dan internalisasi, aktivasi, dan penguatan”. Pesannya.

Nugraheni menambahkan bahwa BerAKHLAK menjadi aspek utama penguatan manajemen perubahan. Komitmen yang kuat dari pimpinan dan setiap unsur organisasi dalam mendorong perubahan dari berbagai aspek pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Kita semua di BBPMP Jateng dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi, upaya pembangunan budaya kerja dapat mentransformasi sistem kerja organisasi, pola pikir, dan culture set  ASN untuk menjadi lebih adaptif, inovatif, responsif, dan berintegritas selaras dengan perkembangan zaman dan kebutuhan stakeholder yang semakin meningkat agar kita bisa mendampingi daerah dengan baik”. Pesannya lagi.

Selain itu Nugraheni juga menambahkan bahwa dengan target capaian program kerja dari PDM perlu dukungan dan peran serta seluruh pegawai yang ada di BBPMP Jateng untuk berkontribusi dan berkolaborasi dalam tim yang kuat dan handal untuk bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan dalam mendukung transformasi satuan pendidikan demi mewujudkan peserta didik berkarakter profil pelajar Pancasila.

“Saya berharap dengan kegiatan pembekalan materi dan outbound dengan Tema Internalisasi Core Value Berakhlak Untuk Mendukung Transformasi Birokrasi bisa memberikan dampak positif bagi kinerja individu dan lembaga secara profesional dan maksimal”. Harapnya kepada seluruh pegawai.

Ketua panitia kegiatan, Adi Hartono menyampaikan bahwa penerapan budaya kerja berlandaskan BerAKHLAK, yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif memerlukan usaha berkelanjutan.

“Bukan sekadar sosialisasi, tetapi internalisasi nilai dasar (core values) BerAKHLAK adalah suatu keharusan agar bibit BerAKHLAK dapat berkembang dengan baik”. Tegasnya

Adi menambahkan bahwa  komitmen menginternalisasi budaya kerja dengan landasan BerAKHLAK diwujudkan melalui lahirnya peta jalan (roadmap) penguatan budaya BerAKHLAK. Fokus roadmap tersebut dibagi menjadi tiga poin utama, yakni sosialisasi dan internalisasi, aktivasi, dan penguatan.

“Untuk melakukan transformasi budaya kerja, ASN di BBPMP Jateng harus dibekali dengan tiga bahan yakni pengetahuan (knowledge), pola pikir (mindset), dan perilaku (behavior). Kombinasi antara ketiganya yang nantinya akan menghasilkan dampak untuk meningkatkan indeks layanan publik ASN”. Tegasnya lagi.

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  perlu melakukan Internalisasi Core Value BerAKHLAK melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai bagi Pejabat Fungsional maupun pelaksana BBPMP Provinsi Jawa Tengah penting melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan indoor di The Sunan Hotel dengan narasumber Kepala BPMP Provinsi Jawa Tengah dan  Biro SDM Kemdikbudristek. Kegiatan outbound di Tawangmangu ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge) pegawai, merubah Pola Pikir (mindset) dan perilaku (behavior)M dan meningkatkan kerja sama tim (teamwork) SDM BBPMP Jateng”. Tegasnya lagi.

Kepada seluruh peserta dari BBPMP danCaptain dan co-Captain 35 kab/kota, kami mengucapkan selamat datang mengikuti kegiatan ini, semoga Alloh SWT memberikan kekuatan, kesehatan dan kemampuan untuk mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Selanjutnya kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai. Tutupnya mengakhiri sambutannya.

[/responsivevoice]