Published On: 9 March 2024Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Semarang – Nugraheni Triastuti telah berhasil meraih gelar Doktor Administrasi Publik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro Semarang dengan nilai 3,82 predikat Cumlaude.

Disertasinya yang berjudul “Manajemen Perubahan Pasca Penyederhanaan Struktur Organisasi di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah” telah diujikan secara tertutup di FISIP Undip pada hari Sabtu, 8 Maret 2024. Ujian tersebut turut dihadiri oleh keluarga, rekan kerja dari BPMP, BBPMP Jateng, serta para undangan lainnya.

Tim promotor yang mengawal ujian disertasi Nugraheni terdiri dari Ika Riswandari Putranti, SH, Ph.D., Dr. A. P. Tri Yuningsih, M.Si., dan Prof. Dr. Hartuti Purnaweni, M.PA. Sedangkan tim penguji terdiri dari Dr. Dra. Diah Litahayu, M.Si dan Dr. Soedjono, M.Si.

Nugraheni Triastuti, yang saat ini menjabat sebagai Kepala BBPMP Jateng, menyampaikan bahwa perubahan dalam organisasi sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam disertasinya, Nugraheni menganalisis dampak perubahan struktur organisasi terhadap kinerja BBPMP Jawa Tengah, dengan fokus pada implementasi restrukturisasi sebagai upaya meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Restrukturisasi, yang terjadi di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan. Penelitiannya bertujuan untuk menganalisis manajemen perubahan pasca penyederhanaan struktur organisasi di BBPMP Jawa Tengah.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan analisis deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perubahan pasca restrukturisasi di BBPMP Jawa Tengah terkaji dalam 4 aspek, yaitu teknik implementasi, perilaku perubahan, peningkatan pencapaian kinerja, dan pembaharuan sistem perubahan.

Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam implementasi perubahan, Nugraheni Triastuti memberikan rekomendasi untuk membuat peta proses bisnis dan membentuk kelompok kerja sesuai dengan topik kinerja, serta melibatkan Waliwilayah pada setiap Kabupaten/Kota.

Harapannya, dengan langkah-langkah tersebut, BBPMP Jawa Tengah dapat memberikan layanan penjaminan mutu pendidikan yang lebih cepat, efisien, dan efektif, serta memiliki komitmen yang berkelanjutan.

Sebagai seorang praktisi di bidang pendidikan dan kepemimpinan, Nugraheni Triastuti telah sebagai sosok yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah.

Dalam pernyataannya, Nugraheni menegaskan bahwa perubahan dalam organisasi merupakan hal yang penting untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik.

Dengan temuan dari penelitiannya, Nugraheni memberikan rekomendasi yang konkrit untuk meningkatkan efektivitas manajemen perubahan di BBPMP Jawa Tengah.

Diharapkan, hasil penelitian Nugraheni Triastuti ini bisa menjadi inspirasi bagi kalangan akademisi, namun juga menjadi dorongan bagi institusi pendidikan dan organisasi lainnya untuk terus melakukan transformasi guna mencapai tujuan pembangunan pendidikan yang lebih baik.