Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/jseudsjv/public_html/wp-content/plugins/fusion-builder/shortcodes/components/featured-slider.php on line 239
Published On: 7 July 2020Categories: Headline, ULT news

Kepuasan dan Kategori Pengaduan Pengunjung Tatap Muka dan Online ULT LPMP Jawa Tengah Melalui Survey Pengunjung Bulan Juni 2020

 

  • Kepuasan Pengunjung Tatap Muka

Dari hasil pengukuran tingkat kepuasan pengunjung tatap muka di ULT (Unit Layanan Terpadu) LPMP Jawa Tengah bulan Juni 2020 dapat dilihat bahwa secara umum tanggapan pengunjung yang berjumlah 23 orang memberikan nilai sangat memuaskan. Penilaian Sangat Baik mencapai skor tertinggi adalah penilaian terhadap perilaku pelaksana petugas layanan memberikan sambutan yang simpatik, baik dan ramah terhadap tamu/pemohon dalam menyampaikan permasalahannya, Petugas layanan sabar dan penuh pengertian dalam menangani tamu/pemohon mencapai rata-rata 78%.

 

  • Kepuasan Pengunjung Online

Dari hasil pengukuran tingkat kepuasan pengunjung melalui WEB ULT LPMP Jawa Tengah (ult.lpmpjateng.go.id) bulan Juni 2020 dapat dilihat bahwa secara umum tanggapan pengunjung yang berjumlah 28 orang memberikan nilai sangat memuaskan. Penilaian Sangat Baik mencapai skor tertinggi adalah penilaian terhadap Persyaratan layanan mencapai rata-rata 75%.

Keterangan Penilaian pada diagram:

P1 : Persyaratan layanan;

P2 : Prosedur layanan;

P3 : Waktu Pelayanan (Sesuai jadwal yang diinformasikan);

P4 : Kompensasi Pelaksana Petugas layanan memiliki pengetahuan yang cukup, Penjelasan petugas layanan dapat dipercaya;

P5 : Pelayanan tidak dipungut biaya layanan;

P6 : Tersedia jenis-jenis produk layanan dari unit-unit utama dalam satu pintu layanan terpadu;

P7 : Perilaku pelaksana Petugas layanan memberikan sambutan yang simpatik, baik dan ramah terhadap tamu/pemohon  dalam menyampaikan permasalahannya, Petugas layanan sabar dan penuh pengertian dalam menangani tamu/pemohon;

P8 : Maklumat pelayanan Kesanggupan dan kewajiban petugas menindaklanjuti/menyelesaikan permasalahan, keluhan/aduan;

P9 : Penanganan terhadap keluhan dan pengaduan.

Hal ini memberikan motivasi pada ULT LPMP Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan terus meningkatkan kepuasan pengunjung LPMP Jawa Tengah baik tatap muka maupun online.

Ada empat (4) pilihan kriteria yang harus dipilih oleh responden dalam mengisi survey kepuasan pengunjung tatap muka maupun online ULT Jawa Tengah, yakni:

  1. Sangat Baik
  2. Baik
  3. Buruk
  4. Sangat Buruk

 

  • Kategori Pengaduan Pengunjung Tatap Muka

Dari hasil pengukuran tingkat kategori pengaduan pengunjung tatap muka di ULT LPMP Jawa Tengah bulan Juni 2020, dapat dilihat bahwa ada lima (5) kategori, diantaranya adalah:

  1. Dapodik
  2. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  3. Sertifkasi/Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  4. PAK
  5. Informasi

Di bulan Juni 2020 kategori pengaduan pengunjung yang paling banyak adalah tentang Sertifikasi/Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencapai 52%.

 

  • Kategori Pengaduan Pengunjung Online

Dari hasil pengukuran tingkat kategori pengaduan pengunjung Online ULT LPMP Jawa Tengah bulan Juni 2020, dapat dilihat bahwa ada delapan (8) kategori, diantaranya adalah:

  1. Dapodik
  2. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  3. Sertifkasi/Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  4. PAK (Penilaian Angka Kredit)
  5. SPMI
  6. PMP
  7. Materi Webinar
  8. Informasi

Di bulan Juni 2020 kategori pengaduan pengunjung melalui WEB atau Online yang paling banyak adalah tentang PPG mencapai 40%. (HS)