Published On: 28 October 2023Categories: Berita, Headline

BBPMP Jateng – -Kegiatan refleksi dan koordinasi berkala antara Mitra Pembangunan dan Pemerintah Daerah di Jawa Tengah telah sukses dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan wadah penting untuk menjalin kolaborasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Jateng.

Sebagai rangkuman dari acara yang ditutup pada hari Jumat (27/12023) di aula Hata, Bhayu Pamungkas, Senior Manager Corporate Social Responsibility PT Bhimasena Power Indonesia, Batang, yang mewakili Kelompok Mitra Pembangunan, memberikan kesan dan harapannya.

Dalam kesannya, Bhayu Pamungkas mengungkapkan pentingnya pertemuan semacam ini dalam membangun sinergi antara Mitra Pembangunan, baik yang bersifat nasional maupun lokal. Kolaborasi antara sektor swasta, lembaga, dan pemerintah dianggap sebagai kunci sukses dalam memberikan dukungan bagi peningkatan mutu pendidikan.

Pertemuan ini juga memberikan arah dan bekal kepada para Mitra Pembangunan untuk menyusun program-program yang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat. Dengan meningkatnya wawasan dalam pertemuan semacam ini, diharapkan kerjasama antar Mitra Pembangunan akan semakin kuat, dan berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Jawa Tengah.

Selanjutnya, dalam harapannya, Bhayu Pamungkas menekankan pentingnya menjadwalkan pertemuan semacam ini secara periodik, dengan melibatkan forum Corporate Social Responsibility (CSR) di daerah. Hal ini diharapkan dapat menciptakan program-program yang sesuai dengan kebijakan prioritas pemerintah pusat, sehingga arahnya jelas dan terukur.

Nugraheni Triastuti, Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah, juga memberikan pesan dalam sambutan singkatnya sebelum menutup acara.

“Kami menyampaikan permintaan maaf jika fasilitas kegiatan ini kurang maksimal, dan berharap agar peserta dapat mengambil manfaat dari pertemuan refleksi ini dalam rangka mendukung peningkatan mutu pendidikan”. Jelasnya.

Nugraheni, menyoroti pentingnya menindaklanjuti hasil komunikasi dan kolaborasi yang terjadi dalam pertemuan ini di tingkat daerah masing-masing.

“Kolaborasi ini perlu ditindaklanjuti dengan program-program yang selaras dengan arah kebijakan Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek”. Pungkasnya.

Seperti diketahui Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah pada hari Kamis-Jumat (26-27/10/2023} bertempat di Aula Hata dan mengadakan kegiatan Refleksi dan Koordinasi Berkala dengan Mira Pembangunan dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Jateng yang di ikuti oleh Dinas Pendidikan, Bappeda dan Mitra Pembangunan.