Published On: 9 July 2024Categories: Artikel Pendidikan, Headline

(Semarang, 5/4/2024). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru saja melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah. Data pembaruan untuk pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN), Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) 2023 dan sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan tersebut dapat di lihat melalui tautan raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut rapor pendidikan Kabupaten Kendal tahun 2024 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.

Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten Kendal pada tahun 2024 berada pada kategori Tuntas Pratama dengan nilai 76,1. Capaian tersebut meningkat dari capaian tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, indeks SPM Kabupaten Kendal masih pada kategori Tuntas Muda dengan nilai 65,04. Rapor pendidikan/indeks SPM Kabupaten/Kota sendiri mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.

 

Capaian Angka Partisipasi Sekolah

Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kabupaten Kendal berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 85,65. Capaian tersebut naik 1,99 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 83,66.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2024 sebesar 99,72 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut naik 0,19 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 99,53. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 97,83 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,47 dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 97,36.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kabupaten Kendal tahun 2024 sebesar 99,09 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,28 dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 98,81%. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 21,39 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 8,98 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 12,41.

 

Capaian Literasi dan Numerasi

Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 74,28. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 7,96 dari tahun 2023 yang sebesar 66,32. Berbeda dengan capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 56,17. Capaian tersebut mengalami kenaikan 0,64 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 55,53.

Untuk capaian kemampuan numerasi pada SD Umum berada pada kategori Sedang dengan nilai 63,61. Capaian tersebut meningkat sebesar 13,44 dari tahun 2023 yang sebesar 50,17. Untuk capaian numerasi pada SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 43,64 capaian tersebut naik 4,79 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 38,85.

Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 79,96. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 7,46 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 72,5. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 72,29 mengalami kenaikan sebesar 3,48 dari tahun 2023 yang sebesar 68,81.

Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 73,76. Capaian tersebut meningkat sebesar 23,48 dari tahun 2023 yang sebesar 50,28. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 64,7 mengalami kenaikan 20,03 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 46,67.

 

Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusifitas

Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 72,85 (kategori Baik) naik 2,57 dari tahun 2023 yang sebesar 70,28; capaian iklim kebinekaannya sebesar 74,01 (kategori Baik) naik 3,92 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 70,09; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 56,02 (kategori Baik), mengalami penurunan 0,8 dari tahun 2023 yang sebesar 56,82.

Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 65,23 (kategori Baik) naik 1,52 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 63,71; capaian iklim kebinekaannya sebesar 68,39 (kategori Baik) naik 2,52 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 65,87; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 49,29 (kategori Sedang) mengalami penurunan 3,93 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 53,22.

Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 68,87 (kategori Baik) naik 1,77 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 67,1; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73 (kategori Baik) naik 4,65 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 68,35; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 56,46 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,01 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 55,45.

Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 64,96 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,17 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 64,79; capaian iklim kebinekaannya sebesar 69,59 (kategori Baik) naik 4,05 dari tahun sebelumnya yang sebesar 65,54; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 53,18 (kategori Sedang) mengalami penurunan 0,5 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 53,68.

 

Capaian jenjang PAUD

Capaian jumlah satuan PAUD di Kabupaten Kendal yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian Sedang, dengan skor sebesar 79,1%. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 78,42% dengan kategori capaian Baik. Capaian guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 mengalami penurunan sebesar 0,97% dari tahun sebelumnya yang sebesar 79,39%.

Kemendikbudristek berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2024 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (Imron)