Published On: 3 July 2024Categories: Artikel Pendidikan, Headline

(Semarang, 4/4/2024). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru saja melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah. Data pembaruan untuk pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN), Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) 2023 dan sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan tersebut dapat di lihat melalui tautan raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut rapor pendidikan Kabupaten Kebumen tahun 2024 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.

Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten Kebumen pada tahun 2024 berada pada kategori Tuntas Pratama dengan nilai 78,49. Capaian tersebut meningkat dari capaian tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, indeks SPM Kabupaten Kebumen masih pada kategori Tuntas Pratama dengan nilai 70,66. Rapor pendidikan/indeks SPM Kabupaten/Kota sendiri mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.

 

Capaian Angka Partisipasi Sekolah

Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kabupaten Kebumen berada pada kategori capaian Rendah, dengan angka 77,84%. Capaian tersebut menurun 4,72% dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 82,56%.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2024 sebesar 99,73% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 0,07 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 99,66. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 98,56% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,88% dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 97,68%.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kabupaten Kebumen tahun 2024 sebesar 99,35% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,36% dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 98,99%. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 9,61% dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 3,1 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 6,51%.

 

Capaian Literasi dan Numerasi

Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 84,28. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 6,21 dari tahun 2023 yang sebesar 78,07. Sama seperti capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan berada pada kategori Baik, dengan nilai 72,7. Capaian tersebut mengalami penurunan 0,08 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 72,78.

Untuk capaian kemampuan numerasi pada SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 73,68. Capaian tersebut meningkat sebesar 13,3 dari tahun 2023 yang sebesar 60,38. Untuk capaian numerasi pada SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 61,11 capaian tersebut naik 8,26 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 52,85.

Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 87,29. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,17 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 84,12. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 72,43 mengalami kenaikan sebesar 4,04 dari tahun 2023 yang sebesar 68,39.

Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 82,34. Capaian tersebut meningkat sebesar 20,63 dari tahun 2023 yang sebesar 61,71. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 66,09 mengalami kenaikan 19,66 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 46,43.

 

Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusifitas

Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 74,95 (kategori Baik) naik 3,81 dari tahun 2023 yang sebesar 71,14; capaian iklim kebinekaannya sebesar 75,57 (kategori Baik) naik 4,62 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 70,95; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 57,59 (kategori Baik), mengalami kenaikan 0,77 dari tahun 2023 yang sebesar 56,82.

Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 68,12 (kategori Baik) naik 2,44 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 65,68; capaian iklim kebinekaannya sebesar 69,46 (kategori Baik) naik 1,71 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 67,75; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 51,71 (kategori Sedang) mengalami penurunan 2,31 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 54,02.

Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 74,32 (kategori Baik) naik 2,15 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 72,17; capaian iklim kebinekaannya sebesar 76,03 (kategori Baik) naik 6,18 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 69,85; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 61,36 (kategori Baik), mengalami kenaikan 2,27 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 59,09.

Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 66,23 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,92 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 65,31; capaian iklim kebinekaannya sebesar 69,26 (kategori Baik) naik 3,89 dari tahun sebelumnya yang sebesar 65,37; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 52,99 (kategori Sedang) mengalami penurunan 1,05 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 54,04.

 

Capaian jenjang PAUD

Capaian jumlah satuan PAUD di Kabupaten Kebumen yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian Tinggi, dengan skor sebesar 86,42%. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 71,12% dengan kategori capaian Baik. Capaian guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 mengalami kenaikan sebesar 2,45% dari tahun sebelumnya yang sebesar 68,67%.

Kemendikbudristek berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2024 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (Imron)