(Semarang, 14/3/2024). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru saja melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah. Data pembaruan untuk pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN), Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) 2023 dan sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan tersebut dapat di lihat melalui tautan raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut rapor pendidikan Kabupaten Brebes tahun 2024 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.
Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten Brebes pada tahun 2024 berada pada kategori Tuntas Pratama dengan nilai 74,4. Capaian tersebut meningkat dari capaian tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, indeks SPM Kabupaten Brebes masih pada kategori Tuntas Muda dengan nilai 61,96. Rapor pendidikan/indeks SPM Kabupaten/Kota sendiri mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.
Capaian Jenjang PAUD dan Jenjang Kesetaraan
Angka Partisipasi Sekolah (APS) pada usia anak 5-6 tahun di Kabupaten Brebes berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 84,75%. Capaian tersebut meningkat 8,93% dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 75,82. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 17,51% dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut meningkat 6,62 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 10,89%.
Capaian jumlah satuan PAUD di Kabupaten Brebes yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian Sedang, dengan skor sebesar 67,88%. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 78,7% dengan kategori capaian Baik. Capaian guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 mengalami kenaikan sebesar 6,40% dari tahun sebelumnya yang sebesar 72,3%.
Capaian Jenjang SD
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun di Kabupaten Brebes tahun 2024 sebesar 99,41% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 0,58 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 99,99.
Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 70,89. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 8,28 dari tahun 2023 yang sebesar 62,61. Berbeda dengan capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 46,87. Capaian tersebut mengalami kenaikan 2,57 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 44,3.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada SD Umum berada pada kategori Sedang dengan nilai 63,73. Capaian tersebut meningkat sebesar 15,2 dari tahun 2023 yang sebesar 48,53. Adapun untuk capaian numerasi pada SD Keagamaan berada pada kategori Kurang, dengan nilai 36,43, capaian tersebut naik 7,63 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 28,8.
Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 73,24 (kategori Baik) naik 4,35 dari tahun 2023 yang sebesar 68,89; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,66 (kategori Baik) naik 5,01 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 68,65; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 56,43 (kategori Baik), mengalami kenaikan 0,15 dari tahun 2023 yang sebesar 56,28.
Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 63,32 (kategori Baik) naik 1 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 62,32; capaian iklim kebinekaannya sebesar 67,48 (kategori Baik) naik 2,65 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 64,83; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 48,62 (kategori Sedang) mengalami penurunan 3,71 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 52,33.
Capaian Jenjang SMP
Angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun di Kabupaten Brebes tahun 2024 sebesar 99,99% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,88% dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 99,02.
Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 72,09. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 9,2 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 62,89. Berbeda dengan capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 58,74 mengalami kenaikan sebesar 5,53 dari tahun 2023 yang sebesar 53,21.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Sedang dengan nilai 69,3. Capaian tersebut meningkat sebesar 25,71 dari tahun 2023 yang sebesar 43,59. Adapun untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Sedang, dengan nilai 54,98, naik 21,54 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 33,44.
Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 69,64 (kategori Baik) naik 2,13 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 67,51; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,47 (kategori Baik) naik 6,55 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 66,92; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 57,43 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,43 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 56.
Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 63,2 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,58 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 62,62; capaian iklim kebinekaannya sebesar 67,76 (kategori Baik) naik 3,62 dari tahun sebelumnya yang sebesar 64,14; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 51,73 (kategori Sedang) mengalami penurunan 1,4 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 53,13.
Kemendikbudristek berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2024 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (Imron)