(Semarang, 19/3/2024). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru saja melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah. Data pembaruan untuk pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN), Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) 2023 dan sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan tersebut dapat di lihat melalui tautan raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut rapor pendidikan Kabupaten Batang tahun 2024 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.
Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten Batang pada tahun 2024 berada pada kategori Tuntas Madya dengan nilai 83,13. Capaian tersebut meningkat dari capaian tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, indeks SPM Kabupaten Batang masih pada kategori Tuntas Pratama dengan nilai 74,28. Rapor pendidikan/indeks SPM Kabupaten/Kota sendiri mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.
Capaian Angka Partisipasi Sekolah
Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kabupaten Batang berada pada kategori capaian Tinggi, dengan angka 95,81%. Capaian tersebut meningkat 2,18% dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 93,63%.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2024 sebesar 98,92% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 1,06 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 99,98. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 96,24% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,06% dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 96,18%.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kabupaten Batang tahun 2024 sebesar 98,09% dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,75% dari angka partisipasi tahun 2023 yang sebesar 98,84%. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 26,19% dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 14,26 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 11,93%.
Capaian Literasi dan Numerasi
Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 86,14. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 4,34 dari tahun 2023 yang sebesar 81,8. Berbeda dengan capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 68,89. Capaian tersebut mengalami kenaikan 0,61 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 68,28.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 76,26. Capaian tersebut meningkat sebesar 11,21 dari tahun 2023 yang sebesar 65,05. Untuk capaian numerasi pada SD Keagamaan juga berada pada kategori Sedang, dengan nilai 54,91, capaian tersebut naik 7,86 dibandingkan capaian tahun 2023 yang sebesar 47,05.
Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 88,16. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 4,65 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 83,51. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 80,94 mengalami kenaikan sebesar 9,43 dari tahun 2023 yang sebesar 71,51.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 83,54. Capaian tersebut meningkat sebesar 21,78 dari tahun 2023 yang sebesar 61,76. Adapun untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 72,14, naik 26,02 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 46,12.
Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusifitas
Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 76,98 (kategori Baik) naik 4,21 dari tahun 2023 yang sebesar 72,77; capaian iklim kebinekaannya sebesar 76,61 (kategori Baik) naik 4,58 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 72,03; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 59,92 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,32 dari tahun 2023 yang sebesar 58,6.
Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 65,67 (kategori Baik) naik 0,98 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 64,69; capaian iklim kebinekaannya sebesar 69,21 (kategori Baik) naik 1,5 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 67,71; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 50,27 (kategori Sedang) mengalami penurunan 3,75 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 54,02.
Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 76,01 (kategori Baik) naik 0,62 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 75,39; capaian iklim kebinekaannya sebesar 77,78 (kategori Baik) naik 7,34 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 70,44; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 64,77 (kategori Baik), mengalami kenaikan 3,73 dari capaian tahun 2023 yang sebesar 61,04.
Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 66,21 (kategori Baik) mengalami kenaikan 1,94 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 64,27; capaian iklim kebinekaannya sebesar 69,96 (kategori Baik) naik 4,92 dari tahun sebelumnya yang sebesar 65,04; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 54,17 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,72 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 53,45.
Capaian jenjang PAUD
Capaian jumlah satuan PAUD di Kabupaten Batang yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian Tinggi, dengan skor sebesar 86,02%. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 89,72% dengan kategori capaian Baik. Capaian guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 mengalami kenaikan sebesar 2,54% dari tahun sebelumnya yang sebesar 87,18%.
Kemendikbudristek berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2024 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (Imron)