Banyak sekolah yang menyatakan sudah mengirim data PMP Tahun 2018 ke server pusat, tetapi rapor mutu 2018 belum bisa diakses. Pertanyaan atau keluhan seperti ini seringkali masuk ke pesan pribadi maupun pengaduan lembaga akhir-akhir ini. Bahkan ada sekolah yang mengirim di bulan awal kegiatan pengumpulan data mutu 2018 (sekitar bulan Juni-Juli 2018), sampai saat ini rapor mutu 2018 belum dapat dilihat oleh sekolah.
Apa yang menjadi penyebab sekolah belum dapat mengakses rapor mutu Tahun 2018? Dari banyak keluhan yang masuk, Tim PMP LPMP Jawa Tengah telah merumuskan permasalahan dan solusinya sebagai berikut:
1. Alamat web untuk akses rapor mutu 2018 tidak diketahui sekolah.
Beberapa sekolah masih menggunakan alamat web akses rapor mutu Tahun 2017, sehingga muncul warning: username dan password salah.
Solusinya: untuk mengakses rapor mutu Tahun 2018, alamat webnya adalah: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/rnpk/index.php?d=1 atau bisa juga ke alamat: gg.gg/rnpk1. Loginnya menggunakan username dan password Dapodik masing-masing sekolah.
2. Data mutu sekolah sudah diterima server pusat, tapi gagal diproses sistem.
3. Data mutu sekolah belum diterima server pusat.
Untuk permasalahan nomor 2 dan 3, solusinya sudah ada informasi langsung dari Satgas PMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berupa surat terbuka yang diberitakan di web PMP pusat. Isi suratnya adalah sebagai berikut:
————————————————————————————————————————————-
Kepada Yth. Bpk/Ibu
Kepala LPMP
Kepala Dinas Pendidikan
Pengawas
Kepala Sekolah
Assalamualaikum wrwb.
Dengan hormat,
Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi Bpk/Ibu dalam pendataan pemetaan mutu 2018. Berdasarkan hasil evaluasi dari pengolahan rapor mutu 2018, terdapat sekolah yang tidak dapat diproses rapor mutunya disebabkan oleh faktor berikut ini:
- Belum kirim sama sekali
- Sudah kirim tapi data yang diterima server pmp tidak lengkap sehingga perlu kirim ulang
- Kendala server pada saat pemrosesan data.
Oleh karena itu, bagi sekolah-sekolah yang termasuk ke dalam sekolah dengan kategori seperti tersebut di atas, perlu untuk mengirimkan ulang data PMP-nya.
Pengiriman dilakukan menggunakan metode kirim offline dengan cara seperti berikut ini:
- Putuskan semua jaringan internet yang terkoneksi dengan komputer
- Buka aplikasi PMP
- Buka menu “Kirim data”
- Klik tombol “Kirim data” pada bagian bawah tabel
- Jika komputer anda tidak terhubung dengan jaringan internet, maka akan muncul tombol “kirim data offline”. klik tombol tersebut
- Sebuah file pengiriman offline akan terunduh ke dalam komputer anda
- Buka website pmp dan pilih menu layanan -> pengiriman offline
- Unggah (Upload) file pengiriman offline tersebut ke dalam website pmp
- Tunggu sampai proses upload selesai
Demikian kami sampaikan harap menjadi perhatian bagi sekolah-sekolah yang mengalami kendala tersebut di atas. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, semoga kendala pemrosesan rapor mutu 2018 dapat terselesaikan dengan segera.
Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaiakum wrwb.
————————————————————————————————————————————-
Sumber: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/pengiriman-ulang-dan-pemrosesan-rapor-mutu-data-pmp-2018
Jika ada sekolah yang masih mengalami kendala dalam akses rapor mutu Tahun 2018, bisa menghubungi kami Tim PMP LPMP Jawa Tengah: Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan, nomor telepon: (024) 7474192.
*) Nuning Kadijatus Shalihah, Tim PMP LPMP Jawa Tengah