Published On: 8 March 2024Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Purworejo – Bupati Purworejo, melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindilbud) Kabupaten Purworejo, menykan rencana untuk segera mengangkat puluhan Guru Penggerak sebagai Kepala Sekolah.

Hal itu disampaikan saat penutupan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. FGD ini bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam implementasi Program Pengangkatan Guru Penggerak sebagai Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah yang dilaksanakan pada hari Selasa, (5/3/2024), di Ruang Pertemuan Dindikbud, dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dalam bidang pendidikan.

Kadindikbud Kabupaten Purworejo, Wasit Diono mengungkapkan bahwa proses pelantikan 104 Kepala Sekolah SD segera dilaksanakan, di mana 42 di antaranya berasal dari kalangan Guru Penggerak.

“Semua data administrasi yang diperlukan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo telah siap, tinggal menunggu proses pelantikan resmi”. Tegasnya

Beliau menegaskan bahwa 42 Guru Penggerak yang dipilih telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk menjabat sebagai Kepala Sekolah.

“Pelantikan GP menjadi KS diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Purworejo dan memperkuat peran Guru Penggerak dalam mengelola sekolah serta mendorong transformasi dalam proses pembelajaran”. Tegasnya lagi.

Sri Anteng, Kabid Ketenagaan Dindikbud Kabupaten Purworejo, mengatakan pengangkatan puluhan Guru Penggerak sebagai Kepala Sekolah untuk segera menempati formasi yang disediakan oleh daerah dalam memberikan tempat kepada GP menjngkatkannpotensinya.

“Ini merupakan upaya konkret dalam mengakomodasi potensi dan kompetensi para Guru Penggerak untuk berperan lebih aktif dalam kepemimpinan di sekolah, mereka nantinya dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan dampak meningkatkan delta AN secara positif di Kabupaten Purworejo.
” ujar Sri Anteng.

Mampuono, Waliwilayah Kabupaten Purworejo, mengapresiasi langkah yang diambil dalam rencana pengangkatan Guru Penggerak sebagai Kepala Sekolah.

“Keputusan untuk mengangkat para Guru Penggerak ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Purworejo, kami sebagai tim Waliwilayah akan terus mempererat kolaborasi antara BBPMP Jateng dan Pemkab Purworejo,” ungkap Mampuono.

Sementara Syaifulloh, Konsultan BBPMP Jateng yqngvjuga ijit menghadiri FGD mengatakan bahwa pengangkatan Guru Penggerak sebagai KS merupakan langkah bijak dan strategis sebagai implementasi advokasi Kepala BBPMP Jateng dan tim setahun yang lalu yqng salah satunya membahas tentang pengangkatan GP menjadi KS/PS.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Dindikbud yang telah memberikan kepercayaan kepada GP menjadi KS dan Kepada Bupati Purworejo yang segera akan melantik mereka, semoga upaya ini bisa memberikan nilai tambah dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Purworejo”. Ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya para Guru Penggerak yang menempati posisi kepemimpinan di sekolah, akan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa, serta terwujudnya visi pendidikan yang lebih baik bagi Kabupaten Purworejo.