Published On: 19 October 2023Categories: Berita, Headline

Semarang, 18/10/2023 –  Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) melakukan kunjungan ke BBPMP Provinsi Jawa Tengah dalam rangka studi banding penerapan Zona Integritas Menuju Wilayah Bersih dan Melayani (ZI WBBM). Kunjungan dilakukan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023. Rombongan yang ikut sebanyak lima orang dengan dipimpin langsung oleh Wakil Direktur 2 Bidang Keuangan dan Umum, Ibu Yusmiati Kusuma. Bertempat di ruang rapat WBBM, pelaksanaan kunjungan studi banding tersebut diterima langsung oleh Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Ibu Nugraheni Triastuti dengan didampingi salah satu anggota tim komite integritas BBPMP Provinsi Jawa Tengah yaitu ibu Tatik Lestari.

Pelaksanaan studi banding diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan oleh Ibu Yusmiati Kusuma. Beliau menyampaikan bahwa POLBAN telah berhasil mendapatkan predikat ZI WBK dari KemenPAN RB di tahun 2020. Saat ini POLBAN sedang mempersiapkan untuk pengajuan ZI WBBM, untuk itu kami perlu belajar secara langsung dari unit kerja yang telah berhasil mendapatkan ZI WBBM, yaitu BBPMP Provinsi Jawa Tengah. Pada studi banding ini kami ingin mengetahui bagaimana dulu BBPMP Provinsi Jawa Tengah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga BBPMP Provinsi Jawa Tengah dapat berhasil mendapatkan predikat ZI WBBM.

Kepala BBPMP Provinsi Jawa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan POLBAN yang menjadikan BBPMP Provinsi Jawa Tengah menjadi tempat yang di pilih untuk studi banding penerapan ZI WBBM. Pada kesempatan itu pula beliau menyampaikan bahwa BBPMP Provinsi Jawa Tengah berhasil mendapatkan predikat satuan kerja ZI WBBM di tahun 2020, dan itu merupakan upaya yang kedua setelah gagal di tahun 2019. Salah satu yang menyebabkan kegagalan tersebut antara lain belum jelasnya definisi operasional indikator kinerja utama lembaga dan inovasi-inovasi yang dibangun belum mendukung pada pencapaian target yang telah diperjanjikan. Beliau juga menyampaikan bahwa setelah mendapatkan predikat ZI WBBM, upaya untuk menjaga predikat tersebut sangatlah sulit karena sekarang tidak hanya KemenPAN dan RB saja yang mengevaluasi tapi seluruh pengguna layanan dan instansi pemerintah lain menilai apakah BBPMP Provinsi Jawa Tengah memang masih layak menyandang predikat ZI WBBM.

Setelah penyampaikan sambutan tersebut, acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi dan tukar pikiran terkait dengan hal-hal apa saja yang telah dilakukan BBPMP Provinsi Jawa Tengah dalam mendapatkan dan mempertahankan predikat ZI WBBM. Penyampaian paparan disampaikan oleh Ibu Tatik Lestari. Selain penyampaian paparan dan diskusi, rombongan studi banding tersebut juga berkesempatan untuk melihat secara langsung Unit Layanan Terpadu (ULT) yang ada di BBPMP Provinsi Jawa Tengah. “wahh…sangat bagus, nyaman dan lengkap ruang pelayanan ini, pantas saja kalau BBPMP Provinsi Jawa mendapatkan predikat ZI WBBM” kata Yanni C salah satu rombongan studi banding POLBAN. Dari ruang pelayanan, rombongan bergeser ke lantai 2 untuk melihat seperti apa lemari gratifikasi. Setelah puas melihat ruang pelayanan, ruangan khusus untuk kelompok rentan, dan lemari gratifikasi rombongan langsung berpamitan untuk kembali Bandung. (Imron)