Published On: 25 October 2023Categories: Berita, Headline

Foto: Peserta Ortek Litnum Angkatan 3 Antusias Diskusi dan Berbagi Praktik Baik, Implementasikan Literasi dan Numerasi di Sekolah, Ini Tantangan dan Harapannya

BBPMP Jateng – – Peserta Ortek Litnum Angkatan 3 yang diselenggarakan oleh BBPMP Jawa Tengah mengaku antusias untuk mengimplementasikan literasi dan numerasi di sekolah masing-masing. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 22-25 Oktober 2023 ini diikuti oleh 100 wakil kepala sekolah (wakasek) kurikulum SMP dan SMA dari seluruh Jawa Tengah.

Pujiadi, PIC Ortek Litnum, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat diharapkan oleh para pemangku kepentingan di satuan pendidikan.

“Kita berkolaborasi dengan mereka agar bagaimana mengembangkan mengimplementasikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi dan numerasi di sekolah mereka,” ujarnya.

Muhammad Amin, wakasek kurikulum SMA Negeri 2 Rembang, mengatakan bahwa materi yang disampaikan dalam kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Kami merasa kekurangan untuk waktunya itu sehingga di sini kami sangat antusias implementasi di sekolah terutama pada materi AI,” ujarnya.

Selain antusias untuk mengimplementasikan literasi dan numerasi di sekolah, para peserta juga menyampaikan beberapa tantangan dan harapan terkait kegiatan ini. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan waktu. Kegiatan Ortek Litnum hanya berlangsung selama 3 hari, sehingga peserta merasa belum bisa menyerap semua materi yang disampaikan.

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat, tetapi waktunya kurang,” ujar Muhammad Amin. “Kami berharap kegiatan ini bisa diadakan secara berkala, sehingga kami bisa lebih memahami materinya.”

Egi Melinda, wakasek kurikulum SMA Pancasila 2 Wonogiri, mengatakan bahwa kegiatan ini perlu diadakan secara berkala.

“Mungkin perlu adanya pelatihan-pelatihan, bisa per Kabupaten atau apa, jadi lebih teman-teman di daerah mendapatkan seperti pelatihan di sini,” ujarnya.

Selain itu, para peserta juga berharap agar kegiatan Ortek Litnum dapat diperluas cakupannya. Saat ini, kegiatan ini hanya diikuti oleh wakasek kurikulum SMP dan SMA di Jawa Tengah. Para peserta berharap agar kegiatan ini juga bisa diikuti oleh guru-guru di sekolah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi wakasek kurikulum, tetapi akan lebih bermanfaat lagi jika guru-guru juga ikut serta,” ujar Egi Melinda. “Guru-guru adalah ujung tombak pembelajaran, sehingga mereka harus memahami pentingnya literasi dan numerasi.”

Ardian Mustikasari, fasilitator Ortek Litnum, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting diikuti oleh wakasek kurikulum SMA. Ardiani Mustikasari, salah satu fasilitator, berbicara tentang pengalaman unik dalam mendampingi wakil kepala kurikulum SMA. Mereka melakukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah mereka berdasarkan hasil evaluasi dan observasi.

“Kegiatan ini membantu peserta untuk lebih sadar akan kebutuhan peningkatan literasi dan numerasi di sekolah mereka. Tumbuh kesadaran diri peserta dengan hal hal yqng menjadi kebutuhan untuk ditingkatkan di sekolah yang berfokus pada murid-murid dan murid,” ujarnya.

Ardiani menambahkan Pentingnya literasi dan numerasi telah diakui oleh berbagai pihak. Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi secara kritis, sedangkan numerasi adalah kemampuan untuk berpikir menggunakan angka.

“Kedua keterampilan ini sangat penting untuk kesuksesan siswa dalam pendidikan dan kehidupan. Sedangkan bagi sekolah capaian Litnum akan dapat meningkatkan rapor pendidikan”. Tambahnya

Isrowikah, fasilitator Ortek Litnum, berharap hasil kegiatan ini dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah guna meningkatkan literasi dan numerasi. Ia jugamenekankan pentingnya berbagi pengetahuan dan belajar bersama dalam Ortek Litnum. Mereka mempelajari perencanaan, strategi, pemberdayaan aset, asesmen berbasis literasi numerasi, dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung literasi.

“Hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi. Kegiatan Ortek Litnum Angkatan 3 ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa SMP dan SMA di Jawa Tengah”. Harapnya.

Sebagai PIC, Pujiadi, mengatakan bahwa  BBPMP Jawa Tengah menyambut baik masukan dari para peserta. BBPMP Jawa Tengah akan berupaya untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dan memperluas cakupan kegiatan Ortek Litnum.Kegiatan Ortek Litnum Angkatan 3 merupakan upaya BBPMP Jawa Tengah untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa SMP dan SMA di Jawa Tengah.

“Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta, yang mengaku akan mengimplementasikan materi yang mereka dapatkan di sekolah masing-masing”. Tegasnya.

Kegiatan Ortek Litnum angkatan 3 ini menunjukkan komitmen tinggi para pendidik dalam mengembangkan literasi dan numerasi. Mereka berharap bahwa pengetahuan yang mereka peroleh akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan efektif. Terima kasih kepada BBPMP Jawa Tengah atas kesempatan yang telah diberikan dalam membantu menyelesaikan masalah Litnum di satuan pendidikan.