Published On: 10 October 2023Categories: Berita, Headline

Foto: Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Anang Ristanto, SE,.MM dan Tim BBPMP Jateng berdiskusi di Ruang Perpustakaan pada hari Selasa (10/10/2023).

BBPMP Jateng – Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Anang Ristanto, mengucapkan apresiasi atas pengelolaan Perpustakaan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah. Dalam keterangannya, Anang menyatakan bahwa pengelolaan perpustakaan yang baik adalah langkah positif dalam mendukung program Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan literasi anak-anak di Indonesia.

Kita mengharapkan agar pengelolaan perpustakaan ini dapat mendorong literasi, yang saat ini menjadi salah satu fokus program Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak-anak kita.

“Literasi ini bukan hanya untuk generasi muda, tetapi juga untuk memperbaiki kualitas internal organisasi kita, dengan tujuan mencapai program-program Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh Kementerian,” ujarnya saat mengadakan kunjungan dan pendampingan ke perpusataakaan BBPMP Jateng para hari Selasa (10/10/2023).

Sementara itu, Koordinator Perpustakaan BBPMP Jateng, Sarjono, mengungkapkan kebahagiaannya atas kunjungan rombongan dari Biro BKHm Kemendikbud Ristek. Sarjono mengatakan bahwa masukan yang diberikan akan sangat berharga dalam upaya pengembangan perpustakaan di BBPMP Provinsi Jawa Tengah.

“Kami sangat antusias atas masukan dari Biro BKHM Kemendikbud Ristek dalam pengembangan perpustakaan ini. Kami telah diinstruksikan untuk mengajukan akreditasi perpustakaan, dan kami berharap dengan bantuan dan pendampingan dari Kemendikbud Ristek, kami dapat memaksimalkan segala aspek yang diperlukan, termasuk administrasi dan SDM, untuk mencapai akreditasi yang diharapkan,” tuturnya.

Ilma Fitrianti, perwakilan dari Perpustakaan Kemendikbud Ristek di bawah Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, juga memberikan pujian atas fasilitas dan koleksi perpustakaan BBPMP Jawa Tengah. Namun, ia juga mengusulkan agar pengelolaan perpustakaan dapat lebih ditingkatkan, termasuk dengan menetapkan kebijakan pengembangan koleksi dan melibatkan pegawai-pegawai di BBPMP Jawa Tengah dalam aktivitas literasi.

“Dengan fasilitas yang sudah baik, kami berharap pengelolaan perpustakaan dapat ditingkatkan lebih lanjut, termasuk pengembangan koleksi dan kegiatan literasi yang melibatkan komunitas internal,” ujarnya.

Ahmad Mudhofir menegaskan bahwa pendampingan dari Kemendikbud Ristek, termasuk dari Kepala Biro BKHM, memberikan semangat dan keyakinan kepada tim perpustakaan BBPMP Jawa Tengah untuk menghadapi penilaian yang akan datang. Ia juga menjelaskan bahwa perpustakaan telah berupaya untuk menyediakan fasilitas yang nyaman, seperti corner kid untuk anak-anak, pojok baca, dan tempat membaca yang nyaman, dengan harapan ini akan meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak.

Dalam akhir kata, mereka mengucapkan terima kasih kepada Biro BKHM dan Perpustakaan  Kemendikbudristek atas pendampingan dan bimbingan yang telah diberikan dalam upaya memajukan perpustakaan BBPMP Jawa Tengah. Semoga langkah-langkah ini akan membantu meningkatkan literasi dan pengetahuan.