Published On: 15 May 2024Categories: Berita

Kota Pekalongan – – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini di Kota mengadakan pemberian penghargaan Lomba Video Kreativitas Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang PAUD, SD, dan SMP Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2024. Acara yang digelar di Aula Jlamprang Kantor Setda Pemkot Pekalongan ini dihadiri oleh Walikota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaed, serta perwakilan dari DPRD, Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, BBPMP Jateng, Kememnag, Komite Sekolah, Yayasan Pendidikan, Pengawas, Kepala Sekolah dan guru.

Penghargaan dan Motivasi

Walikota Pekalongan memberikan penghargaan kepada para guru pemenang lomba video pembelajaran. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kreativitas para guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolahnya masing-masing. Walikota Pekalongan berharap penghargaan ini dapat memotivasi para guru untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolahnya.

Dukungan dan Apresiasi

Walikota Pekalongan juga menyampaikan terima kasih kepada BBPMP Jateng atas pendampingannya dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Pekalongan. Ia juga berpesan kepada Dinas Pendidikan agar terus mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka dengan baik dan kepada para kepala sekolah dan guru agar dapat menerapkannya dengan maksimal di satuan pendidikan masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, menjelaskan bahwa kunci sukses implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Pekalongan adalah adanya dukungan penuh dari Walikota Pekalongan. Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk regulasi dan anggaran yang memadai. Selain itu, Dinas Pendidikan juga terus melakukan pelatihan dan pendampingan kepada para guru agar mereka dapat memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan rasa bangganya atas antusiasme dan kreativitas para guru di Kota Pekalongan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Ia berharap para pemenang lomba ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolahnya melalui Komunitas Belajar (Kombel) dalam ekosistem yang transformatif di satuan pendidikan yang tercermin melalui perubahan pembelajaran di kelas yang berpusat pada peserta didik dan ekosistem berkolaborasi di OPD yang terkait dengan pendidikan.

Lomba Video Kreativitas Pembelajaran Berdiferensiasi ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat semangat Merdeka Belajar di Kota Pekalongan. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen pemerintah Kota Pekalongan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Pekalongan.

Semangat Merdeka Belajar, diharapkan satuan pendidikan di Kota Pekalongan dapat menjadikan para siswa meraih profil pelajar Pancasila agar tumbuh menjadi individu yang Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Daftar Pemenang dan Kategori Lomba:

Jenjang PAUD

Kategori PAUD Formal:
Juara I: Milatul Aini, S.Pd (TK Mahad Islam)
Juara II: Sobihti, S.Pd (TK ABA Binagriya)
Juara III: Dinda Nugrohaningtyas, S.Pd (TK ABA Kraton)
Kategori PAUD Non Formal:
Juara I: Aprilia Kartikasari, SE, S.Pd (KB Mahardika)
Juara II: Kholistu Ilahiyah, S.Pd.I (KB Masitoh Kuripan Kidul)
Juara III: Umi Salamah, S.Pd (PQ Az Zahra)

Jenjang SD

Juara I: Ike Weny Tiara (SDN Podosugih 01)
Juara II: Mulyani Asih (SDN Krapyak Lor 05)
Juara III: Habiba Septiana (SDI Setono 01)
Jenjang SMP

Juara I: Rahardyani Tyas Subekti (SMP N 15 Pekalongan)
Juara II: M. Khoirul Kamal (SMP N 11 Pekalongan)
Juara III: Danik Noor Utami (SMP N 8 Pekalongan)

*)syaiful