Peningkatan Kualitas Pendidik Melalui Workshop Penulisan Artikel Ilmiah
Semarang – BBPMP (Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Jawa Tengah mengadakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah pada 5–7 November 2024 di Aula Kartini BBPMP JawaTengah, Jl. Kyai Maja Srondol Kulon, Kota Semarang. Acara ini diikuti oleh 50 peserta, terdiri dari 35 pendidik dari kabupaten/kota di Jawa Tengah yang aktif dalam karya tulis ilmiah dan memiliki draft artikel siap publikasi, serta 15 reviewer dari Jurnal Pendidikan Widyatama BBPMP Jawa Tengah. Program ini bertujuan mendorong publikasi penelitian pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran.
Dr. Pujiadi, M.Pd., M.Kom., salah satu pemateri, menekankan pentingnya penelitian sebagai bagian dari pengembangan profesional pendidik. “Melalui penelitian, pendidik dapat menggali permasalahan riil dalam proses belajar mengajar dan menemukan solusi inovatif yang sesuai dengan konteks kelasnya,” ujarnya. Dr. Pujiadi
Lebih lanjut, Dr. Pujiadi menjelaskan bahwa melakukan penelitian tidak hanya membuat pendidik tetap up-to-date terhadap perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan, tetapi juga membangun kompetensi reflektif. Dengan demikian, mereka mampu menilai dan memperbaiki praktik pengajaran mereka sendiri, serta berkontribusi secara aktif pada komunitas akademik dengan mempublikasikan temuan dan praktik terbaik mereka. “Melalui publikasi, pendidik bisa membangun jejaring profesional yang kuat, yang akan memperkaya pengetahuan kolektif di kalangan pendidik,” tambahnya.
Narasumber lain, Dr. Mampuono, M.Kom., pakar AI dari BBPMP Jawa Tengah, menambahkan bahwa pendidik yang aktif dalam penelitian sering diakui sebagai pemimpin dalam bidangnya. “Penelitian tidak hanya meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja pendidik tetapi juga membangun kompetensi kritis yang diperlukan untuk terus beradaptasi dengan perubahan,” jelasnya.
Ia menegaskan bahwa melihat dampak positif dari penelitian terhadap siswa dan metode pengajaran memberi pendidik rasa pencapaian dan kepuasan yang mendalam. Selain memperkuat pemahaman mengenai urgensi penulisan artikel ilmiah, materi yang disampaikan dalam workshop ini juga mencakup teknik-teknik penulisan artikel yang sesuai dengan kaidah akademik, panduan publikasi, serta praktik menulis artikel yang siap untuk disubmit dan direview.
“Materi-materi tersebut mengarahkan peserta dalam menulis artikel ilmiah yang benar, tetapi juga dalam strategi efektif untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka pada jurnal-jurnal pendidikan”. Tanbah Mampuono.
Workshop ini diharapkan memberikan dampak jangka panjang terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Dengan memiliki pemahaman dan keterampilan yang lebih baik dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah, pendidik dapat semakin berperan aktif dalam penyebaran pengetahuan dan praktik terbaik di dunia pendidikan di Jawa Tengah .