Published On: 20 September 2019Categories: Berita

BLORA – LPMP JATENG – Sebagai rangkaian kegiatan Pengembangan Model Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Rapor Mutu, LPMP Jawa Tengah  melaksanakan pendampingan II di SMP Negeri 3 Jepon Kabupaten Blora pada hari  Senin, tanggal 16 September 2019. Setelah melaksanakan konfirmasi dan klarifikasi kepada sekolah sasaran pada pendampingan I, dilanjutkan dengan pendampingan II sebagai tindak lanjut. Pendampingan ini dihadiri oleh Pengawas Pembina, Kepala Sekolah dan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS). Target pendampingan ini adalah fasilitasi peningkatan mutu sesuai rencana pemenuhan mutu SMPN 3 Jepon. Pemenuhan mutu difokuskan pada Standar Penilaian, dengan indikator Teknik Penilaian Objektif dan Akuntabel, dan subindikatornya adalah Memiliki Perangkat Penilaian Lengkap.

Trisno, S.Pd.,  Pengawas Pembina SMPN 3 Jepon, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas guru memang sangat kompleks dan dinamis sehingga diperlukan kesiapan fisik dan mental untuk menjalankannya. Yang tidak kalah pentingnya adalah kerukunan dan kekompakan antar guru dan antar warga sekolah. Sekolah adalah rumah kedua dan teman-teman guru atau warga sekolah adalah saudara dekat kita dalam bekerja. Harapannya, agar memberikan  iklim sejuk kepada sekolah sehingga mutu pendidikan bisa lebih meningkat.

Amin Mustofa, S.Pd., M.Pd., pendamping dari LPMP Jawa Tengah menyampaikan penguatan materi Perangkat Penilaian yang Lengkap. Model penyampaian pada kegiatan ini adalah tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi selama melaksanakan pembelajaran. Ada lima orang guru yang menyampaikan beberapa pertanyaan antara lain tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dan manfaat analisis Kompetensi Dasar (KD) dalam langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian. Selanjutnya pendamping menjelaskan dan memberikan penguatan berdasarkan  pertanyaan dan masalah sebagai solusi dari kendala yang dihadapi oleh guru.

Kegiatan  pendampingan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi kualitas dan kompetensi guru dalam  melaksanakan pembelajaran sebagai upaya pemenuhan mutu di SMPN 3 Jepon. Guru mempunyai tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan penilaian dan menindaklanjuti hasil penilaian. Untuk dapat melaksanakan hal tersebut diperlukan bekal pengetahuan tentang perangkat penilaian yang lengkap.

Kepala SMPN 3 Jepon, Widianto, S.Pd., mengapresiasi Bapak/Ibu guru yang telah berperan aktif untuk mengikuti kegiatan. Widianto juga menyampaikan terima kasih kepada Pengawas dan Tim Pendamping atas bantuan, arahan, informasi, dan pencerahannya sehingga diharapkan berdampak positif dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Jepon. (JP)