Published On: 4 October 2023Categories: Berita, Headline

Foto: Kepala BBPMP dan BBGP Jateng, Kapokja 2 dan PIC saat pembukaan Kegiatan Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran melalui Pengguatan Literasi Angkatan 1

BBPMP Jateng -Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti, membuka acara Orientasi Teknis Literasi dan Numerasi (Litnum) – Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran melalui Pengguatan Literasi Angkatan 1 di Aula Sukarno, BBPMP Jateng, Selasa (3/10/2023).

Dalam sambutannya, Nugraheni mengatakan bahwa orientasi teknis ini merupakan langkah penting dalam upaya peningkatan literasi dan numerasi di Jawa Tengah. Ia berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius agar dapat menguasai materi PMM (Platform Merdeka Mengajar) dengan baik.

“Saya harap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk terus belajar dan berdiskusi dengan para narasumber yang kompeten. Dengan demikian, peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah masing-masing denga memanfaatkan PMM yang selama ini sudah dipakai dan perlu diperdalam lagi,” ujar Nugraheni.

Nugrhaeni juga mengingatkan para peserta untuk memanfaatkan praktik baik yang telah dilakukan oleh sekolah-sekolah penggerak. Praktik baik ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah masing-masing.

“Peserta dapat mempelajari praktik baik dari sekolah penggerak yang telah berhasil meningkatkan literasi dan numerasi siswanya. Praktik baik ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Nugraheni juga menyampaikan pesan kepada peserta agar terus belajar dan memanfaatkan praktik baik dalam meningkatkan literasi dan numerasi.

“Saya berharap para peserta dapat terus belajar dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan literasi dan numerasi di Jawa Tengah. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BBGP (Balai Besar Guru Penggerak) Jateng, Darmadi, pada saat pembukaan kegiatan, berpesan kepada para peserta agar terus memanfaatkan praktik baik dari sekolah penggerak yang capain Litnum dan indeks karakter meningkat agar bisa dijadikan model dalam meningkatkan capaian siswa di sekolah masing-masing.

“Peserta dapat mempelajari praktik baik dari sekolah penggerak yang telah berhasil meningkatkan capaian literasi, numerasi, dan indeks karakter siswanya. Praktik baik ini dapat dijadikan model dalam meningkatkan capaian siswa di sekolah masing-masing,” ujar Darmadi.

Orientasi teknis ini diikuti oleh 450 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Peserta terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan dinas pendidikan.

Dalam orientasi ini, peserta akan mendapatkan materi tentang literasi dan numerasi, serta buku bacaan bermutu. Peserta juga akan mendapatkan kesempatan berbagi praktik baik dalam memanfaatkan PMM dan berdiskusi dengan narasumber.

Nugraheni dan Darmadi berharap orientasi ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam literasi, numerasi dan indeks karakter, serta meningkatkan pemanfaatan buku bacaan agar capaian siswa pada Litnum di Jawa Tengah terus meningkat.