Published On: 21 June 2024Categories: Berita, Headline

Pasukan Pink Sekolah Penggerak Kabupaten Sragen Bersemangat Mengimbaskan Kepada Sekolah Imbas di Kabupaten Sragen

Kota Semarang – – Pasukan Pink Sekolah Penggerak dari Kabupaten Sragen menunjukkan semangat yang tinggi dalam mengimbaskan pengetahuan dan praktik terbaik kepada sekolah-sekolah imbas lainnya. Mereka dengan antusias mengikuti Workshop Pengimbasan Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 1 Gelombang I yang diselenggarakan selama tiga hari, dari tanggal 19 – 21 Juni 2024, di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah.

Workshop ini di ikuti 250 kepala sekolah PSP Angkatan 1 dan penanggung jawab PSP dari 10 kabupaten/kota untuk saling berbagi praktik terbaik dan pembelajaran dalam rangka mengimbaskan semangat transformasi pendidikan kepada sekolah-sekolah lain.

Rosit Mustofa dari SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen menyatakan bahwa Pasukan Pink dari Kabupaten Sragen siap mengimbaskan materi yang diperoleh kepada sekolah lain. “Kami sangat berterima kasih bisa mengikuti workshop ini untuk memperkuat materi yang harus kami imbaskan. Materi terkait Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Mencapai Sekolah yang Dicita-citakan dan Konsep serta Strategi Pengimbasan oleh Sekolah Pelaksana PSP 1 sangat relevan dan bermanfaat bagi kami,” ujar Rosit.

Budi Sriyanto menambahkan bahwa materi yang diterima terkait Dukungan Pengimbasan melalui Dana BOP/BOS Kinerja, serta Tata Kelola BOP/BOS Kinerja untuk Pengimbasan (mekanisme penyaluran, perencanaan, dan pelaporan dana BOS di daerah) sangat penting bagi mereka sebagai modal pengimbasan. “Sharing dan refleksi pelaksanaan pelatihan pengimbasan sangat penting bagi kami sebagai modal pengimbasan. Kami merasa semakin siap untuk berbagi pengetahuan ini dengan sekolah-sekolah lain,” kata Budi.

Sementara itu, Sri Hartati dari PDM 1 mengungkapkan semangatnya melihat peserta pengimbasan oleh PSP dalam implementasi di daerah masing-masing. “Melihat antusiasme peserta¬† dalam diskusi dan berbagi praktik baik, mereka dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini di daerah masing-masing sangat menginspirasi. Kami yakin, dengan semangat kolaborasi ini, transformasi pendidikan di Kabupaten Sragen akan semakin cepat terwujud,” ungkap Sri Hartati.

Erni Hendriati, Waliwilayah BBPPMP Jateng untuk Kabupaten Sragen menambahkan, bahwa kolaborasi dan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kabupaten Sragen yang selama ini bekerjasama dan berkolaborasi dengan BBPMP Jateng, Pasukan Pink Sekolah Penggerak Kabupaten Sragen akan berkomitmen untuk mengimbaskan praktik terbaik dan pengetahuan yang mereka peroleh kepada sekolah-sekolah imbas lainnya. “Workshop Pengimbasan Sekolah Penggerak Angkatan 1 Gelombang I ini menjadi langkah penting dalam mewujudkan transformasi pendidikan¬† di Kabupaten Sragen sebagai modal sekolah PSP mendapatkan materi yang signifikan”. Ungkapnya.

Satuan pendidikan pelaksana PSP melakukan pengimbasan kepada satuan pendidikan di sekitarnya secara sistematis dan berkesinambungan, hingga satuan pendidikan imbas dapat melakukan peningkatan mutu serupa, dan pada tahap selanjutnya siap untuk berbagi kepada satuan pendidikan lainnya sehingga transforasi pendidikan terus berputar dan menggelinding dalam mencapai mutu sekolah secara simultan.