Oleh: Imron Masyhadi – Platform Rapor Pendidikan merupakan platform yang didalamnya menyediakan data mutu dan capaian pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Berbeda dengan jenjang satuan pendidikan dasar dan menengah, platform rapor pendidikan untuk jenjang PAUD tidak menyajikan capaian hasil belajar. Fitur yang ada di platform rapor pendidikan untuk jenjang PAUD hanya menyajikan indikator rapor pendidikan PAUD dan lembar Perencanaan Berbasis Data (PBD). Berikut panduan penggunaan rapor pendidikan dan penyusunan PBD untuk jenjang PAUD yang digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

  1. Silahkan log in menggunakan akun belajar.id melalui alamat https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app

  1. Klik unduh indikator rapor pendidikan untuk mengetahui indikator rapor pendidikan jenjang PAUD.

Berikut file indikator rapor pendidikan hasil unduhan.

  1. Klik unduh lembar PBD, lembar PBD merupakan kertas kerja yang dapat digunakan satuan pendidikan jenjang PAUD dalam rangka membuat RKT dan RKAS yang selaras dengan hasil evaluasi diri satuan pendidikan.

Setelah berhasil diunduh, satuan pendidikan agar melakukan penggantian nama file dengan cara klik “save as” dan menambahkan NPSN dan Nama satuan pendidikan. Contoh : Lembar PBD_12345678_TK Bina Insan.

Berikut tampilan lembar PBD hadil dari unduhan.

Di dalam file lembar PBD ada 8 sheet, yaitu sheet Baca Aku, Lembar 1 Evaluasi Diri, Lembar 2 Identifikasi, Lembar 3 IRB-RKT, Lembar 4 Rancangan RKAS, Kode Kegiatan Benahi, Deskripsi Kegiatan Benahi, dan Daftar Kegiatan.

Terhadap lembar PBD tersebut, satuan pendidikan PAUD perlu menjalankan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengisi secara berurutan mulai dari sheet Lembar 1 Evaluasi Diri, Lembar 2 Identifikasi, Lembar 3 IRB-RKT, Lembar 4 Rancangan RKAS. Petunjukan pengisian ada pada setiap sheet;
  2. Melakukan unggah file Lembar PBD yang telah diisi secara lengkap tersebut ke alamat https://paudpedia.kemdikbud.go.id/pbd/login

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.