Published On: 18 October 2023Categories: Berita, Headline

Foto: Mujiati, M.Pd. Narasumber dalam Orientasi Teknis Peningkatan Literasi dan Numerasi Angkatan II di BBPMP Jateng memberikan penjelasan kepada peserta.

BBPMP Jateng – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah melaksanakan Orientasi Teknis Peningkatan Literasi dan Numerasi Angkatan II yang berlangsung sejak tanggal 17 hingga 19 Oktober 2023.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan utama memberikan pendampingan kepada para wakil kepala sekolah bidang kurikulum dalam upaya mengimplementasikan berbagai kebijakan strategis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sebagai negara yang terus berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemahaman yang kuat tentang literasi dan numerasi adalah kunci untuk mencapai tujuan tersebut.

Kegiatan Orientasi Teknis Peningkatan Literasi dan Numerasi Angkatan II juga bertujuan untuk mengoptimalkan peran wakil kepala sekolah bidang kurikulum dalam program peningkatan literasi dan numerasi dalam komunitas belajar internal sekolah. Para peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mereka dapat berperan aktif dalam mendorong literasi dan numerasi di lingkungan sekolah mereka.

Mujiati, narasumber dalam acara ini, memberikan panduan dan pemahaman yang berharga melalui materi yang disampaikan. Dalam kegiatan ini, salah satu fokus utama adalah pembelajaran literasi dan numerasi. Para peserta diberikan kesempatan untuk memahami prinsip-prinsip dasar dan metode pengajaran yang efektif guna meningkatkan literasi dan numerasi siswa.

“Dengan memahami prinsip-prinsip ini, para pendidik dapat lebih terampil dalam mengembangkan pendekatan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa”. Ungkapnya.

Ia juga menjeaskan terkait, perencanaan pembelajaran literasi dan numerasi menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan pendidikan. Para peserta diajak untuk menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur dan relevan dengan kebutuhan siswa.

“Hal ini akan memastikan bahwa pengajaran berfokus pada aspek literasi dan numerasi yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa”. Ungkapnya lagi.

Mujiati menambahkan bahwa strategi pembelajaran literasi dan numerasi turut menjadi perhatian dalam kegiatan ini. Para peserta tidak hanya diberi pemahaman tentang konsep dasar, tetapi juga diberikan wawasan tentang berbagai strategi mengajar yang dapat diterapkan di kelas.

“Tujuannya adalah membantu siswa mencapai tingkat literasi dan numerasi yang lebih tinggi melalui metode yang bervariasi dan efektif”.Tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa selain itu, pemberdayaan aset sekolah menjadi landasan penting dalam program peningkatan literasi dan numerasi. Peserta diorientasikan untuk mendorong wakil kepala sekolah dalam memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia di sekolah guna mendukung program ini.

“Dengan memanfaatkan aset-aset yang ada, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan literasi dan numerasi siswa secara maksimal”. Tambahnya lagi.

Mujiati, yang dikenal sebagai seorang Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Salatiga dengan pengalaman yang luas, memberikan wawasan yang berharga kepada para peserta. Para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan ini dalam upaya mereka untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah mereka.

Orientasi Teknis Peningkatan Literasi dan Numerasi Angkatan II di BBPMP Jateng adalah langkah positif dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penguatan literasi dan numerasi siswa. Dengan bantuan narasumber seperti Mujiati, diharapkan bahwa para pemimpin sekolah dapat berperan lebih aktif dalam meraih tujuan ini.