Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/jseudsjv/public_html/wp-content/plugins/fusion-builder/shortcodes/components/featured-slider.php on line 239
Published On: 2 April 2020Categories: Artikel

Belajar dari rumah membuat pembelajaran daring yang dulunya hanya angan angan, sekarang menjadi nyata. Di atas awan banyak sekali ruang yang sengaja dibuat untuk digunakan baik oleh para guru maupun sekolah. Guru dan sekolah dapat membuka kelas masing-masing di atas awan tersebut.

www.gogle.com termasuk salah satu Hyperlink yang juga memberikan ruang kelas bagi guru yang mau membuka kelas di atas awan, yaitu gogle classroom. Berikut kami tuliskan panduan praktis bagi guru yang akan membuka kelas awan dengan menggunakan hyperlink ini.

Prosedur membuka kelas awan

  1. Masuk ke mesin pencari gogle

Gambar 1. Muka utama Hyperlink gogle.com

Guru, silakan buka halaman muka hyperlink gogle.com

  1. Selanjutnya, Pastikan guru mempunyai alamat email @gmail.com

Alamat email dengan menggunakan domain @gmail.com merupakan syarat pertama supaya guru dapat membuka kelas. Di gogleclassroom

Gambar 2 alamat email @gmail.com

  1. Masuk ke gogle classroom

Selanjutnya tekan titik Sembilan yang dilingkari merah, maka akan muncul menu gogle seperti pada gambar. Setelah muncul tampilan menu, silakan pilih classroom dan di klik.

Gambar 3. Mencari menu gogleclassroom

  1. Fitur gogle classroom

Selamat, guru sudah masuk ke ruang kelas yang disediakan oleh guru. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya guru mengenali terlebih dahulu isi kelas anda. Isi kelas anda ada 4 bagian, yaitu kelas, kalender dan tugas.

Kelas berfungsi untuk mengendalikan kelas pembelajaran, kalender untuk mengatur jadwal tatap muka, dan tugas berfungsi untuk memberikan tugas kepada siswa serta memeriksa tugas yang sudah masuk.

Gambar 4. Fitur gogle classroom

  1. Membuat kelas

Nah, sekarang saatnya guru memulai membuat kelas kelas. Guru silakan klik tombol + yang dilingkari .

Gambar 5. Membuat kelas

  1. Gogle classroom anda

Dan sampailah guru di kelas tertentu missal IPA 7A, IPA 7B, penjaskes 8c dan lain lainnya.

Gambar 6. Classroom guru dan isinya

Isi dari kelas guru terdapat 4 bagian, yaitu forum, tugas kelas, anggota dan nilai.

Forum berfungsi untuk memberikan materi beserta beberapa diskusi yang mungkin ditanyakan ke siswa. Bagian tugas kelas, disini guru dapat memberikan tugas dan dapat memeriksa sekaligus menilai hasil pengerjaan tugas. Guru juga dapat mengetahui siswa siapa saja yang belum menyerahkan tugas. Pada ruang nilai berisi jumlah nilai dari seluruh tugas yang pernah di berikan.

Kemudian satu ruang lagi adalah anggota. Ruang ini menginformasikan ada berapa siswa di kelas guru.

Gambar 7. Ruang tugas kelas

Bagaimana cara guru meminta masuk siswa guru ke kelas ini. Di bawah gambar akan kami berikan urutan guru mengundang siswa supaya masuk kelas.

Gambar 8. Ruang anggota kelas yang berisi guru dan siswa

Urutan mengundang siswa

  1. Supaya dapat masuk ke kelas, siswa memerlukan kode tertentu. Bagikan kode tersebut ke siswa melalui wa grup. Baik wa grup siswa (bagi siswa yang sekolahnya membolehkan siswanya menggunakan handphone). Atau ke wa grup wali siswa.

Gambar 9. Kode kelas guru

  1. Silakan siswa membuat alamat email berbasis @gmail.com supaya dapat dengan mudah masuk ke kelas guru.
  2. Kemudian sampaikan urutan tadi guru masuk ke classroom
  3. Pada gambar di bawah silakan arahkan siswa untuk memilih gabung kelas dan akhirnya masukkan kode yang telah diberikan di awal ke siswa

Gambar 10. Gambar tombol yang harus di klik siswa untuk masuk kelas.

Demikian guru, sedikit informasi mengenai cara membuka kelas maya untk melaksanakan pembelajaran daring. Saya yakin kok, kalua sebenarnya guru sudah mampu membuka kelas maya dengan baik. Semenatara sifat informasi ini hany untuk memberi penguatan bagi para guru.

Selamat bekerja dengan kreatif dan menyenangkan bagi siswa.

Daftar Rujukan :
Rohman, F. (2017). Google Classroom: Jadikan Kelas Digital di Genggaman Anda. Bojonegoro: Pustaka Intermedia.
Ventayen, R., & Estira, K., Dkk. 2017. Usability Evaluation of Google Classroom: Basis for the Adaptation of GSuite E-Learning Platform. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences. Vol. 5 No.1, 47-51
Azhar. K.,       & Iqbal, N. 2018. EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM: TEACHERS’ PERCEPTIONS. Prizren Social Science Journal. Vol.2
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Joyce, Bruce. 2009.  Models Of Teaching. Pustaka Belajar. Yogyakarta
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Penulis: Lulud Prijambodo Ario Nugroho, PTP LPMP Jawa Tengah

Pengelola Laman: Hesty