Published On: 24 April 2024Categories: Berita

Semarang – – BBPMP Jateng bersiap menggelar Festival Kurikulum Merdeka yang akan diadakan di area Borobudur, Magelang, pada 24-26 Mei 2024. Acara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, yang ditujukan untuk memperkenalkan dan mengoptimalkan penerapan Kurikulum Merdeka dalam pendidikan.

Alif Noor Hidayati sebagai Ketua Tim Kerja PDM 01 dan Uniq sebagai Penanggung Jawab Acara (PIC), dalam relase berita melaporkan, festival ini diharapkan menginspirasi pendidikan di Indonesia dengan praktik-praktik baik dalam penerapan kurikulum yang berpusat pada siswa.

“Tujuan kami adalah menggaungkan cerita sukses dan memperkuat keberlanjutan dari implementasi Kurikulum Merdeka,” jelas Alif. Alif menjelaskan, Festival ini akan menyajikan berbagai kegiatan edukatif yang dirancang untuk mengedukasi dan memotivasi peserta, meliputi:

  1. Cerita Sukses Kurikulum Merdeka
  2. Diskusi panel dan gelar wicara dengan narasumber berpengalaman
  3. Pameran foto, video, dan produk-produk pendidikan P5
  4. Pemutaran film dokumenter tentang pendidikan
  5. Acara puncak yang merangkum keseluruhan festival

Heri Martono, Ketua Tim Kerja 02, menambahkan bahwa kolaborasi kegiatan festiflval Kurikulum Merdeka ini merupakan kolaborasi hebat antar UPT Kemendikbudristek.
UPT yang terlibat ;

  1. BBPMP Jateng
  2. BBGP Jateng
  3. Balai Bahasa
  4. LLDikti Wilayah 6
  5. Museum dan Cagar Budaya unit warisan budaya Borobudur
  6. Perguruan tinggi negeri di Jateng
  7. Balai Pelestarian Kebudayaan Wil X
  8. Taman Wisata Candi Borobudur

Heri juga mengatakan bahwa pada wajtu bersamaan juga dilaksanakan 3 kegiatan besar, yaitu: Festival KM, Bulan MB dan Porseni UPT Kemdikbud Jateng, pada hari Jumat-Sabtu-Minggu tanggal 24 – 26 Mei 2024.

Uniq, PIC kegiatan Festival mengatakan bahwa tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap Kurikulum Merdeka, sekaligus memberi inspirasi kepada stakeholder pendidikan untuk melaksanakannya secara efektif.

“Kami berharap festival ini dapat menjadi medium pembelajaran yang berharga bagi peserta didik, orang tua, guru, dan tenaga kependidikan,” tambah Uniq.

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah, sebagai penyelenggara, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam event ini.

“Kami mengundang semua pihak untuk bergabung dalam festival ini dan berkontribusi dalam transformasi pendidikan di Indonesia,” ujar Dr. Nugraheni Triastuti,Se,.M.Si. Kepala BBPMP Jateng.

Nugraheni menjelaskan, terobosan Kurikulum Merdeka diharapkan dapat membangun karakter dan kreativitas para peserta didik.

“Festival Kurikulum Merdeka ini merupakan kesempatan bagi pendidik dan masyarakat untuk berkontribusi langsung dalam mencapai aspirasi pendidikan yang lebih holistik dan inklusif di Indonesia”. Ungkapnya.

Dr. Nugraheni Triastuti, Kepala BBPMP Jateng, menyatakan, Festival ini menjadi ajang sosialisasi, sebuah kolaborasi antar UPT Kemendikbudristek yang menghubungkan semua pemangku kepentingan dalam ekosistem pendidikan.

“Kami berharap dapat memanfaatkan momentum ini untuk menunjukkan betapa pentingnya integrasi antara inovasi pendidikan dan kebutuhan masyarakat. Ini adalah kesempatan untuk mengokohkan komitmen kita terhadap pendidikan yang inklusif dan berorientasi masa depan melalaui KMB (Kebijakan MerdekaBelajar).” Ungkapnya.

Uniq, PIC kegiatan berpesan kepada khalayak insan pendididkan bahwa untuk informasi lebih lanjut mengenai Festival Kurikulum Merdeka 2024, silakan kunjungi website resmi BBPMP Jateng dan media sosial yang tersedia.

“Mari bergabung dalam kegiatan ini dan menjadi bagian dari perubahan positif dalam pendidikan Indonesia dengan menghadiri Festival Kurikulum Merdeka”. Ajaknya.