Published On: 26 February 2024Categories: Berita

Kota Tegal – Pada Rakor Terpadu Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang diselenggarakan oleh Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah. Kota Tegal meraih penghargaan KMB Melembaga pada dua kategori,  tersebut diberikan sebagai pengakuan atas upaya luar biasa yang dilakukan oleh Kota Tegal dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tegal.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sesdirjen Kemendikbbudristek di The Hotel Sunan Solo pada saat Rakor terpadu Penjaminan Mutu Pendidikan BBPMP Jateng Tahun 2024, hari Selasa (20/2/2024) dan diterima langsung oleh Kabid PTK Dinas Pendidikan Kota Tegal, hal menandai apresiasi terhadap inisiatif dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Kota Tegal.

Menanggapi terkait penghargaan ini, Kadinas Pendidikan Kota Tegal, Ismail Fahmi menjelaskan, dalam bidang Kurikulum Merdeka, Kota Tegal telah berhasil membentuk komunitas belajar di semua jenjang satuan pendidikan, memperkenalkan program jam PMM setiap minggu, dan menghadirkan layanan help desk secara khusus untuk mendukung pemahaman dan pemanfaatan kurikulum merdeka oleh para guru.

“Selain itu, Kota Tegal juga aktif dalam mengembangkan teknologi dengan menciptakan aplikasi PMM Tegal Info sebagai alat pemantauan dan referensi tambahan bagi para pendidik”. Ungkapnya.

Ismail juga menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari berbagai langkah strategis yang telah diimplementasikan oleh pemerintah kota, terutama dalam dua bidang utama, yaitu Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Inklusi.Sementara itu, dalam upaya meningkatkan layanan inklusi, Kota Tegal telah menetapkan sekolah inklusi pada tingkat SD dan SMP, menjalin kerja sama dengan UPS Tegal untuk pendampingan mahasiswa di sekolah inklusi, serta menyediakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari APBD Kota Tegal untuk sekolah inklusi.

“Langkah-langkah lainnya termasuk program asesmen psikologis bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan pengadaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dengan kelas inklusi”. Ungkapnya lagi

Ia juga menjelaskan bahwasanya Kota Tegal juga telah melaksanakan Program Sekolah Penggerak dengan berbagai fasilitas dan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

“Fasilitasi pelaksanaan PMO setiap bulan, peningkatan kompetensi bagi guru dan siswa, serta pembangunan jaringan kerjasama dengan mitra pembangunan dan CSR menjadi fokus utama dalam program ini”. Jelasnya.

Kami brharap bahwa penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kota Tegal. “Ini adalah hasil dari kerja keras seluruh elemen pendidikan di Kota Tegal yang tidak kenal lelah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kami akan terus berupaya untuk menjaga prestasi ini dan terus berinovasi demi menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik.” Harapnya.

Sementara itu Kabid PTK, Trisari Novianto mengatakan, dengan penghargaan ini, Kota Tegal semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu pendidikan guna mencetak generasi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Semua pencapaian ini tak terlepas dari kolaborasi antara pemerintah, pendidik, orang tua, dan seluruh elemen masyarakat dalam mendukung pendidikan yang lebih baik di Kota Tegal”. Tegasnya.

Trisari menambahkan bahwa Kota Tegal telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama, dan penghargaan ini menjadi bukti nyata dari kesuksesan upaya dalam mewujudkan visi pendidikan Kota Tegal sehingga mendapatkan penghargaan.

“Penghargaan ini merupakan cermin dari semangat dan dedikasi semua pihak dalam memajukan pendidikan di Kota Tegal. Kami berterima kasih kepada seluruh tenaga pendidik, orang tua, dan masyarakat yang telah mendukung upaya-upaya ini. Ini bukanlah akhir, namun awal dari perjalanan panjang untuk menciptakan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan”. Tegasnya.

Sementara itu Waliwilayah BBPMP Jateng untuk Kota Tegal, Ahmad Mudhofir mengatakan bahwasanya penghargaan ini bukanlah akhir dari perjalanan, namun merupakan awal dari tanggung jawab yang lebih besar dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Kami akan terus bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif, merdeka, dan berkualitas di Kota Tegal untuk bekerjasama semua pihak demi mencapai visi pendidikan yang lebih baik. Melalui kerjasama yang erat, impian akan pendidikan yang inklusif dan berkualitas dapat diwujudkan untuk kebaikan seluruh masyarakat Kota Tegal”. Pungkasnya.