Published On: 6 March 2023Categories: Berita, Berita Daerah

Keterangan Foto: Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, Pj Walikota Salatiga,Wali Kota Maeyong, Shin Hyunkook, Kadisdikbud Nunuk Dartini, S.Pd. M.Si, Kepala BBPMP Provinsi Jateng, Nugraheni Triastuti.

Salatiga – – Waliwilayah Kota Salatiga Tri Mulyani dan timnya dari lokasi acara antara Pemkot Salatiga dan Pemkot Maeyong melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Salatiga dan Pemerintah Kota Mungyeong Korea Selatan untuk bidang, pendidikan, kuliner dan budaya. Penandatanganan kerjasama antara Kota Salatiga dan Kota Maeyong dilaksanakan di Ruang Kalitaman Gedung Setda Lantai 2, Sabtu (04/03/2023).

Sinoeng N Rachmadi, Pj Walikota Salatiga dalam sambutan pengantarnya menyampaikan profil Kota Salatiga terkait potensi kerja sama antara Kota Salatiga dengan Maeyong, antara lain di bidang pendidikan, kuliner, dan pariwisata.

“Pada kesempatan ini saya juga mengundang pelajar Korea Selatan untuk datang ke Salatiga pada peringatan ulang tahun Salatiga pada bulan Juli 2023 guna mengikuti parade dan menampilkan budaya Korea Selatan,” Jelasnya.

Wali Kota Maeyong, Shin Hyunkook, mengaku senang atas sambutan dari Walkota Salatiga bersama jajarannya yang luar biasa dalam menjamu para rombongan dari Korsel.

“Dengan kolaborasi ini, saya sangat setuju, saya sangat senang dengan persahabatan luar biasa ini. Saya sepakat kedua kota bisa kerjasama selain di bidang pendidikan, juga pariwisata, dan kuliner,” katanya.

Walikota Maeyong sangat terkesan dengan Kota Salatiga karena dalam implementasi pendidikan melaksanakan pendidikan ramah anak.

“Saya setuju pentingnya kualitas guru, dengan kesadaran itu saya percaya bisa tingkatkan kapasitas guru dan jadi kota pendidikan. Saya senang hati kerjasama yang akan meningkatkan pendidikan,” Jelasnya lagi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Salatiga, Nunuk Dartini, menyampaikan bahwa dengan adanya kolaborasi antara dua kota ini akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Salatiga.

“Saya sangat senang dengan kerjasama ini, kami bisa belajar banyak hal dari Kota Maeyong dan kami juga ucapkan terima kasih kepada Pak Walikota yang ikut berkunjung ke SMPN 2 Salatiga untuk melihat gelar karya proyek penguatan pelajar Pancasila (P5).

Kepala BBPMP Provinsi Jateng, Nugraheni Triastuti yang juga diundang menghadiri acara ini secara terpisah menyampaikan bahwa dengan adanya kerjasama ini, terutama masalah pendidikan yang terkait dengan TUSI UPT untuk melaksanakan pendampingan ke daerah.

“Saya berharap dengan kolaborasi antara Walikota Maeyong, Korea Selatan, Mr Shin Hyun Kook dan Pj Walikota Salatiga Sinoeng N Rachmadi memiliki daya dorong semakin majunya pendidikan di Kota Salatiga dalam mendukung Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Perencanaan Berbasis Data”. Harapnya.

Tri Mulyani menyampaikan bahwa pada Hari Sabtu (4/3/2023) di SMP 2 Salatiga juga mengadakan kegiatan gelar karya Sosiopreneurship. Kegiatan ini mempunyai nilai yang sangat monumental karena menambah semangat dan motivasi. Selama ini Pemkot Salatiga selalu mendukung program-program pendidikan diatas pada implementasi di satuan pendidikan.

“Bagi sekolah dan siswa dengan kegiatan ini akan semakin bertambah inovatif dan kreatif menjalankan tugas pokoknya. Kegiatan di SMP 2 juga bersamaan dengan lokakarya penguatan profil belajar Pancasila tema kewirausahaan kelegan gelar ekspresi dan gelar karya sosiopreneurship kini Dan nanti katalog digital vlog digital marketing”. Ungkap Tri Mulyani.

Hal ini juga akan mendorong sekolah lain untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikannya dibawah bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Salatiga.