- Kepuasan Pengunjung
Dari hasil pengukuran tingkat kepuasan pengunjung ULT (Unit Layanan Terpadu) LPMP Jawa Tengah bulan September 2019 dapat dilihat bahwa secara umum tanggapan pengunjung yang berjumlah 72 orang memberikan nilai sangat memuaskan. Penilaian sangat baik mencapai skor tertinggi adalah penilaian terhadap persyaratan layanan mencapai rata-rata 86%. Sedangkan penilaian skor terendah adalah penilaian terhadap Produk spesifikasi jenis layanan : Tersedia jenis-jenis produk layanan dari unit-unit utama satu pintu layanan terpadu dan Maklumat pelayanan : Kesanggupan dan kewajiban petugas menindaklanjuti / menyelesaikan permasalahan, keluhan/ aduan mencapai rata-rata 75%. Hal ini memberikan motivasi pada ULT LPMP Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan terus meningkatkan kepuasan pengunjung LPMP Jawa Tengah. Penilaian ini terkait berbagai macam layanan yang ada, antara lain:
- Persyaratan layanan;
- Prosedur layanan;
- Waktu pelayanan ULT sesuai dengan jadwal yang di informasikan;
- Biaya / tarif (tidak dipungut biaya layanan);
- Produk spesifikasi jenis layanan : (tersedia jenis-jenis produk layanan dari unit-unit utama satu pintu layanan terpadu);
- Petugas pelayanan memiliki pengetahuan yang cukup;
- Penjelasan petugas layanan dapat dipercaya;
- Petugas layanan memberikan sambutan yang simpatik, baik dan ramah terhadap tamu/pemohon dalam menyampaikan permasalahan;
- Petugas layanan sabar dan penuh pengertian dalam menangani tamu/ pemohon,;
- Maklumat pelayanan (kesanggupan dan kewajiban petugas menindaklanjuti / menyelesaikan permasalahan);
- Pengelolaan pengaduan (Penanganan terhadap keluhan dan pengaduan).
Ada empat (4) pilihan kriteria yang harus dipilih oleh responden dalam mengisi survey kepuasan pengunjung ULT Jawa Tengah, yakni:
- Sangat Baik
- Baik
- Buruk
- Sangat Buruk
- Kategori Pengaduan Pengunjung
Dari hasil pengukuran tingkat kategori pengaduan pengunjung ULT LPMP Jawa Tengah bulan September 2019, dapat dilihat bahwa ada sembilan (9) kategori, diantaranya adalah:
- Badan Akreditasi Nasional (BAN)
- Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
- Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP)
- Kemitraan
- Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
- Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
- Penilaian Angka Kredit (PAK)
- Sertifkasi/PPG
- Supervisi Mutu Pendidikan
Di setiap bulannya kategori pengaduan pengunjung yang paling banyak adalah NUPTK, tetapi untuk bulan September ini yang paling banyak adalah kategori Sertifikasi/PPG (Pendidikan Profesi Guru) mencapai 45%, dimana rata-rata pengunjung menanyakan syarat menjadi peserta PPG setelah itu baru NUPTK mencapai 28%. (HS)