Dalam setiap kegiatan pelatihan, outbound ataupun rapat, ada
masa masa di mana peserta bahkan narasumber menjadi jenuh, tidak focus pada
kegiatan dan lelah. Hal itu biasa terjadi di jam setelah makan siang atau menjelang
malam. Juga ketika kegiatan baru berlangsung, antar peserta masih belum saling
mengenal dan tim belum terbentuk maka di butuhkan suatu kegiatan yang
menyenangkan bagi semua pihak, yang bisa
mebuat peserta focus, bergairah lagi dan bisa saling mengenal antar sesama peserta.
Kegiatan itu di sebut ice breaker, aktivitasnya di sebut ice breaking. Ice breaker menurut dictionary Cambridge adalah
“a game or activity that is used to introduce people to each other so that they
feel more relaxed together” kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah permainan
atau aktivitas yang digunakan untuk memperkenalkan orang satu sama lain
sehingga mereka merasa lebih santai bersama. Bentuk kegiatan ice breaer bisa
berupa permainan atau hiburan. Salah satu alat yang bisa di pakai sebagai ice
breaker adalah kahoot.
Menurut wkipedia Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Kahoot!
adalah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi
pendidikan di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Permainan
pembelajarannya, “Kahoots”, adalah kuis pilihan ganda yang memungkinkan
generasi pengguna dan dapat diakses melalui browser web. Sedangkan menurut informasi
dari kahoot sendiri mereka mempunyai misi untuk membuka potensi terdalam dari
setiap pelajar, dari segala usia dan dalam semua konteks, dan kami melakukan
itu dengan membuat belajar menjadi menyenangkan, ajaib, inklusif, menarik dan
dapat dibagikan melalui permainan.
Prinsip pendiri kahoot adalah Sosial, Bermain dan Belajar. Didorong
oleh misi itu , mereka telah membangun
platform berbasis permainan yang menciptakan lingkungan belajar yang emosional,
menyenangkan, menarik dan benar-benar sosial. Alih-alih melihat ke dalam buku
pelajaran atau perangkat mereka, pelajar/peserta didorong untuk melihat ke atas
saat bermain dan terhubung satu sama lain – kahoot menyebutnya ‘momen api
unggun’. Keterlibatan adalah tentang membuka potensi semua orang. Itu berarti
membawa siswa/peserta itu dari belakang kelas ke depan dan membiarkan semua
orang menjadi pahlawan kelas.
Pada prinsipnya adalah kahoot sebuat platform untuk
permainan quiz dengan pertanyaan di tampilkan di depan dan peserta menjawabnya
melalui perangkat mereka sendiri, bukan hanya jawaban benar yang di nilai
tetapi kecepatan menjawab juga di perhitungkan.
Selain bisa membuat keseruan pada sesi pelatihan atau kelas,
permainan ini bahkan bisa di mainkan di rumah dengan peserta adalah seluruh
anggota keluarga tidak tergantung oleh tingkat pendidikan atau usia. Penulis
sendiri ketika memainkan ini di rumah, tidak melulu yang lebih tua atau lebih
tinggi pendidikannya yang menang tetapi semua punya kesempatan untuk meraih
nilah tertinggi, yang pasti tingkat keseruannya bisa membuat keceriaan
tersendiri di rumah. Yang unik dari kahoot ini adalah cara menjawab oleh
peserta melalui perangkatnya sendiri, tidak berupa hurup a,b,c atau d tetapi
berupa gambar kotak, segitiga dan lainnya. Sehingga tahu jawaban itu baru satu
keseruan dalam menjawab, tombol mana yang harus di tekan membuat tambahan
keseuan lainnya.
Kahoot mempunyai dua alamat, kahoot.com untuk membuat kusi dan menjadi admin dan kahoot.it sebagai alamat untuk menjadi peserta permainan.
Memulai Kahoot
Pilih Sebagai apa dalam penggunaan Kahoot Pilih sign up menggunakan akun email google, Microsoft akun atau mendaftar dengan alamt email lainnya. Setelah berhasil masuk, klik pada tombol create untuk membuat quiz baru. Ada tiga fasilitas yang di miliki oleh kahoot,- Quiz, memilih dari pilihan jawaban
- Jumble, seret jawaban pada urutan yang tepan
- Survey, mengumpulkan opini dari peserta.