Published On: 12 February 2019Categories: Artikel
Dalam setiap kegiatan pelatihan, outbound ataupun rapat, ada masa masa di mana peserta bahkan narasumber menjadi jenuh, tidak focus pada kegiatan dan lelah. Hal itu biasa terjadi  di jam setelah makan siang atau menjelang malam. Juga ketika kegiatan baru berlangsung, antar peserta masih belum saling mengenal dan tim belum terbentuk maka di butuhkan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi semua pihak,  yang bisa mebuat peserta focus, bergairah lagi dan bisa saling mengenal antar sesama peserta. Kegiatan itu di sebut ice breaker, aktivitasnya di sebut ice breaking. Ice breaker menurut dictionary Cambridge adalah “a game or activity that is used to introduce people to each other so that they feel more relaxed together” kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah permainan atau aktivitas yang digunakan untuk memperkenalkan orang satu sama lain sehingga mereka merasa lebih santai bersama. Bentuk kegiatan ice breaer bisa berupa permainan atau hiburan. Salah satu alat yang bisa di pakai sebagai ice breaker adalah kahoot. Menurut wkipedia Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Permainan pembelajarannya, “Kahoots”, adalah kuis pilihan ganda yang memungkinkan generasi pengguna dan dapat diakses melalui browser web. Sedangkan menurut informasi dari kahoot sendiri mereka mempunyai misi untuk membuka potensi terdalam dari setiap pelajar, dari segala usia dan dalam semua konteks, dan kami melakukan itu dengan membuat belajar menjadi menyenangkan, ajaib, inklusif, menarik dan dapat dibagikan melalui permainan. Prinsip pendiri kahoot  adalah Sosial, Bermain dan Belajar. Didorong oleh misi itu , mereka  telah membangun platform berbasis permainan yang menciptakan lingkungan belajar yang emosional, menyenangkan, menarik dan benar-benar sosial. Alih-alih melihat ke dalam buku pelajaran atau perangkat mereka, pelajar/peserta didorong untuk melihat ke atas saat bermain dan terhubung satu sama lain – kahoot menyebutnya ‘momen api unggun’. Keterlibatan adalah tentang membuka potensi semua orang. Itu berarti membawa siswa/peserta itu dari belakang kelas ke depan dan membiarkan semua orang menjadi pahlawan kelas. Pada prinsipnya adalah kahoot sebuat platform untuk permainan quiz dengan pertanyaan di tampilkan di depan dan peserta menjawabnya melalui perangkat mereka sendiri, bukan hanya jawaban benar yang di nilai tetapi kecepatan menjawab juga di perhitungkan. Selain bisa membuat keseruan pada sesi pelatihan atau kelas, permainan ini bahkan bisa di mainkan di rumah dengan peserta adalah seluruh anggota keluarga tidak tergantung oleh tingkat pendidikan atau usia. Penulis sendiri ketika memainkan ini di rumah, tidak melulu yang lebih tua atau lebih tinggi pendidikannya yang menang tetapi semua punya kesempatan untuk meraih nilah tertinggi, yang pasti tingkat keseruannya bisa membuat keceriaan tersendiri di rumah. Yang unik dari kahoot ini adalah cara menjawab oleh peserta melalui perangkatnya sendiri, tidak berupa hurup a,b,c atau d tetapi berupa gambar kotak, segitiga dan lainnya. Sehingga tahu jawaban itu baru satu keseruan dalam menjawab, tombol mana yang harus di tekan membuat tambahan keseuan lainnya. Kahoot mempunyai dua alamat, kahoot.com untuk membuat kusi dan menjadi admin dan kahoot.it sebagai alamat untuk menjadi peserta permainan.

Memulai Kahoot

Klik Sign Up For Free atau Login jika sudah mendaftar
Pilih Sebagai apa dalam penggunaan Kahoot
pilih As a teacher
Pilih sign up menggunakan akun email google, Microsoft akun atau mendaftar dengan alamt email lainnya. Setelah berhasil masuk, klik pada tombol create untuk membuat quiz baru.
Klik Create
Ada tiga fasilitas yang di miliki oleh kahoot,
  1. Quiz, memilih dari pilihan jawaban
  2. Jumble, seret jawaban pada urutan yang tepan
  3. Survey, mengumpulkan opini dari peserta.
Kita pilih quiz
Klik Create Quiz
Buatlah pertanyaan menyesuaikan kondisi dengan peserta yang akan mengikuti quiz ini. Karena yang kita butuhkan semua peserta bisa menjawab, Mulai membuat quis dengan memasukan Judul, isi deskripsi, kemudian seting visible to Everyone, language bahasa Indonesia, audeience event, credit source bisa di kosongkan, intro video jika di inginkan bisa di ambil dari youtube, paste kan alamatnya. Selain itu kita bisa memasukan gambar.
Setelah semua terisi dengan baik, klik OK Go. Klik tombol Add Question untuk menambahkan pertanyaan baru. Masukan pertanyaan dan opsi jawaban, beri centang pada jawaban yang benar. Waktu juga di seting berapa lama peserta boelh menjawab.
Jika sudah selesai semua, klik tombol Next. Setelah itu tambahkan lagi soal dengan mengklik tombol Add question, setelah di rasa cukup klik tombol Save di pojok kanan atas. Soal yang sudah bisa di edit, di copy ataupun di delet dengan menekan tombol di pojok kanan soal Setelah selesai membuat soal quiz, kita masih bisa mengedit,  mempreview, memainkan atau mensharenya. Untuk memainkan klik pada tombol Play It. Jalankan secara klasik pemain lawan pemain dengan mengklik Tombol Clasic. Tunggu sebentar sampai muncul game PIN.
Jika semua peserta sudah masuk klik tombol start
Setelah dirasa semu peserta sudah masuk semua, klik tombol start.  Cara kerjanya adalah peserta melihat soal di depan bersama sama melalui lcd projector, kemudian peserta menjawab memalui perangkat mereka sendiri (HP, Lapto atau Tablet). Siapa yang menjawab dengan cepat dan benar akan mendapat nilai tertinggi, sedangkan kecepatan menjawab juga masuk dalam penilaian. Tampilan pertanyaan akan seperti ini.
Berapa sisa waktu, jumlah yang sudah menjawab akan kelihatan.
Untuk peserta, minta peserta membuka alamat kahoot.it di perangkat mereka. Masukan PIN yang sudah di infokan atau di lihat di tampilan layar depan,
Masukan PIN
di tampilan peserta hanya ada tombol untuk menjawab, keseruan menjawablah yang membuat kegiatan ice breking ini menjadi heboh.
Empat tombol yang harus segera di pilih oleh peserta
silahkan di coba untuk mengembalikan keseruan di kelas maupun di rumah.(Abi)