Published On: 18 April 2024Categories: Berita, Headline

Rembang – – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang melaksanakan Pokja Manajemen Operasional (PMO) yang diadakan di Command Center Dindikpora pada hari Jumat (5/4/2024). Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam mendukung Kebijakan Merdeka Belajar di Kabupaten Rembang.

PMO ini juga menjadi wadah untuk berdiskusi dan berkoordinasi antara berbagai pihak terkait implementasi program sekolah inti transformatif. Para peserta aktif berpartisipasi dalam proses identifikasi kegiatan dan alokasi anggaran yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Retno, Wali Wilayah Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jateng untuk Kabupaten Rembang, menyampaikan bahwa PMO ini dihadiri oleh berbagai unsur, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kabis Paud, Kabid SD, Kabid SMP, termasuk perwakilan dari BKD, Kemenag, Bappeda dan Koordinator Pengawas. Dalam sambutannya, Sekretaris Dindikpora Kabupaten Rembang, Khoironi, menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung program sekolah inti transformatif.

Pada kesempatan tersebut, Retno melaporkan bahwa para peserta telah berhasil mengidentifikasi kegiatan dan dukungan anggaran untuk program sekolah inti transformatif. Kolaborasi antara BBPMP Jateng dan Dindikpora Kabupaten Rembang mencakup beragam kegiatan, seperti coaching clinic, implementasi transformasi pembelajaran, pendampingan sekolah, supervisi mutu, serta monitoring dan evaluasi.

Dindikpora Kabupaten Rembang menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung terwujudnya Merdeka Belajar. Diharapkan program sekolah inti transformatif dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Kabupaten Rembang.

Retno menambahkan bahwa keberhasilan acara ini tidak hanya terletak pada identifikasi anggaran dan kegiatan, tetapi juga pada semangat saling berbagi dan bekerja sama antar instansi.  Dengan kolaborasi yang kuat antara BBPMP Jawa Tengah, Dindikpora dan OPD terkait lainnya di Kabupaten Rembang, diharapkan implementasi program Sekolah Inti Transformatif dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan.

PMO ini juga menjadi momentum untuk memperkuat sinergitas antara berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam collaboration governance di Kabupaten Rembang.