Published On: 20 December 2023Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Foto: PJ Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, SH. Launching Program TERNAK PANDA LIMA untuk Tingkatkan Pendidikan

Banjarnegara – – Kabupaten Banjarnegara melaunching program TERNAK PANDA LIMA adalah singkatan dari NGANTER ANAK PAUD DAPAT LULUS IJAZAH SMA yang merupakan program yang digulirkan oleh Kabupaten Banjarnegara. Febri Waliwilayah BBPMP Kabupaten Banjarnegara melaporkan bahwa program itu merupakan kebijakan yang digulirkan langsung oleh PJ Bupati Banjarnegara.

Penjabat (PJ) Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengungkapkan keyakinannya bahwa pendidikan memegang peran sentral dalam memajukan bangsa dan daerah.

“Pendidikan dianggap sebagai investasi jangka panjang yang akan membawa manfaat bagi generasi mendatang”. Ungkapnya.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, PJ Bupati menekankan pentingnya memberikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas untuk seluruh masyarakat.Tri Harso mengatakan bahwa salah satu indikator vital yang mencerminkan tingkat pendidikan di suatu daerah adalah Rata-rata Lama Sekolah (RLS).

“RLS mengukur jumlah tahun rata-rata yang dihabiskan oleh individu untuk menyelesaikan pendidikan”. Ungkapnya lagi.

PJ Bupati menyoroti data terakhir (tahun 2022) yang menunjukkan bahwa RLS di kabupaten Banjarnegara masih rendah, yaitu 6,84 tahun”. Ungkapnya lagi.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat usia di atas 25 tahun yang hanya menempuh pendidikan hingga jenjang SD.

“Kita harus merespon terhadap situasi ini, pemerintah kabupaten merancang program TERNAK PANDA LIMA untuk meningkatkan RLS”. Tambahnya.

Program ini mencakup langkah-langkah konkret, antara lain:

1. Memperluas akses layanan pendidikan dengan membuka unit sekolah baru dan satuan pendidikan satu atap.

2. Memberikan alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah/Pendidikan (BOSP) dari APBD dan/atau Dana Desa kepada warga usia di atas 24 tahun agar dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

3. Mendorong partisipasi masyarakat dan swasta dengan memberikan beasiswa, bantuan biaya sekolah, atau fasilitas lainnya.

4. Meningkatkan akses dan kesempatan pendidikan, terutama bagi masyarakat di daerah terpencil, terisolir, atau jauh dari lembaga pendidikan formal.

5. Meningkatkan kesadaran dan motivasi masyarakat akan pentingnya pendidikan melalui sosialisasi dan advokasi.

PJ Bupati menyampaikan bahwa TERNAK PANDA LIMA adalah singkatan dari NGANTER ANAK PAUD DAPAT LULUS IJAZAH SMA.

“Ini adalah sebuah gerakan untuk mendorong wali murid dan masyarakat sekitar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar dapat “bersekolah” kembali menempuh pendidikan yang lebih tinggi”. Tandasnya.

PJ Bupati mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program ini dan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan daerah.

“Dengan meningkatnya RLS, diharapkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Banjarnegara juga dapat meningkat lebih cepat”. Tambahnya lagi.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto berharap, dengan adanya program Ternak Panda Lima ini diharapkan percepatan peningkatan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Banjarnegara bisa terwujud.

Kegiatan ditutup dengan pantun oleh PJ Bupati:

Rumah gadang di bukit tinggi.

Pintunya banyak menghadap ke utara

Jika pendidikan masyarakat tinggi

Banjarnegara bermartabat dan sejahtera.

(Laporan Febri, Waliwilayah Kabupaten Banjarnegara)