Published On: 4 January 2023Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Para narasumber FGD Profil Pendidikan Kabupaten Banjarnegara yang diikuti oleh Pemangku Kepentingan Pendidikan pada hari Jumat (16/12/22) di kantor Disdikpora

Banjarnegara – – Visi Misi Bupati Kabupaten Banjarnegara di bidang pembangunan pendidikan arahnya tertuju pada mutu layanan dan kualitas SDM. Ketersediaan anggaran untuk tahun 2023 sudah terencana sesuai dengan hasil raport pendidikan Kabupaten Banjarnegara, meskipun belum mengakomodir secara menyeluruh. Diharapkan anggaran tidak hanya berfokus pada pencapaian fisik saja, akan tetapi lebih pada peningkatan kualitas SDM baik untuk peserta didik maupun PTKnya.

Hal itu disampaikan oleh Fajar Anggun S dari  Kabid Pemerintahan Baperlitbang pada RTL Rakor Terpadu pada hari Jumat (16/12/22) di Kantor Disdikpora. Acara RTL ini dihadiri oleh, Teguh Handoko
Disdikpora, Noviyanto, Sesdikpora. Yoga Setya, Sub Koordinator PEP. Joko Haryanto, Staff Seksi. Suyadi, Kepala Seksi PTK.  Sunarto, Kepala Bidang PAUD. Suhardi, Kepala Seksi SMP. Fajar Anggun S dan Shaumu Nurdiyati dari Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara. Febri Hartanti Purbaningrum. Bambang Sri Martono. Kristiana Anggoro dari BBPMP Jawa Tengah.

Fajar Anggun juga menyampaikan bahwa Regulasi atau aturan tentang penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Banjarnegara baik Perbup tentang penyelenggaraan pendidikan dan Per-kadis akan disusun dan dikawal terus oleh instansi terkait guna menunjang layanan mutu pendidikan yang lebih berkualitas sesuai dengan target visi misi Pendidikan Indonesia khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

“Peningkatan Kualitas SDM yang berdaya saing dengan fokus kepada leningkatan pemerataan akses dan kualitas pendidikan, terutama bagi masyarakat miskin dan wilayah dengan akses rendah dan Meningkatkan pemerataan akses dan kualitas pendidikan”. Tegasnya.

Penguatan lembaga pendidikan non formal. Perencanaan Berbasis Data bertujuan untuk menerapkan konsep perencanaan berbasis data. Data sebagai cara untuk memanfaatkan rapor Pendidikan dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan.

“Hal itu dilakukan dengan melaksanakan identifikasi, refleksi dan benahi berdasarkan profil Pendidikan sehingga bisa menyajikan hasil analisis, rekomendasi dan daftar agregasi sekolah yang perlu mendapatkan tindakan perbaikan berdasarkan rekomendasi yang ada”. Tegasnya lagi.

Target kami adalah  mengawal terbitnya Perbup tentang penyelenggaraan pendidikan dan mengakomodir peningkatan penjaminan mutu pendidikan di Kabupaten Banjarnegara. “Semoga harapan ini bisa terlaksana dengan cepat demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Banjarnegara”. Harapnya.