Published On: 21 June 2024Categories: Berita, Headline

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kendal Dukung Penuh Pengimbasan oleh PSP di Kabupaten Kendal

Kota Semarang – – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal memberikan dukungan penuh terhadap program Pengimbasan Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Kendal. Hal ini disampaikan oleh Jati Pramono, Kabid PAUD dan PNF, yang menegaskan komitmen Dinas Pendidikan Kendal dalam memperkuat implementasi PSP di Kabupaten Kendal.

Workshop Pengimbasan Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 1 Gelombang I diselenggarakan selama tiga hari, dari tanggal 19 – 21 Juni 2024, di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah, dan menjadi wadah bagi 250 kepala sekolah PSP Angkatan 1 serta penanggung jawab PSP dari 10 kabupaten/kota untuk berbagi praktik terbaik dan pembelajaran.

Jati Pramono menyatakan, “Kami mewakili Pemda melalui Disdikbud Kabupate Kendal sangat mendukung tugas kami dalam mendukung pengimbasan di Kabupaten Kendal. Koordinasi yang baik antara sekolah imbas dan sekolah pengimbas sangat penting dalam memastikan keberhasilan program ini.” Dukungan dari Dinas Pendidikan Kendal mencakup penguatan sekolah-sekolah PSP melalui berbagai bentuk bantuan dan pendampingan.

Pak Eko Hadiwiyatno, Kasi Kurikulum dan Penilaian SD, menambahkan bahwa pada hari Rabu akan diadakan koordinasi antara sekolah imbas dan pengimbas saat mengikuti workshop ini. “Koordinasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa strategi pengimbasan dapat diimplementasikan dengan efektif dan efisien,” ujar Eko.

Pemerintah daerah dan sekolah pelaksana PSP Angkatan 1 mendapatkan gambaran yang jelas tentang pengimbasan yang akan dilakukan oleh sekolah PSP Angkatan 1.¬† Mereka juga memperoleh wawasan tentang strategi pengimbasan dan berbagi praktik baik. “Workshop ini memberikan kesempatan bagi kami untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang penggunaan dana BOS Kinerja dan BOP Kinerja, yang sangat penting untuk mendukung operasional pengimbasan di lapangan,” tambah Jati.

Waliwilayah BBPMP Jateng untuk Kabupaten Kendal, Sigit, mengatakan bahwa dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal serta koordinasi yang kuat antara sekolah imbas dan pengimbas, “diharapkan program Pengimbasan Sekolah Penggerak di Kabupaten Kendal dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan melalui kenaikan hasil di Rapor pendidikan satuan pendidikan dan daerah. Workshop Pengimbasan Sekolah Penggerak Angkatan 1 Gelombang I ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan transformasi pendidikan¬† di Kabupaten Kendal”. Pungkasnya.