Published On: 22 July 2023Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Foto FGD Kota Pekalongan: Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggid Soraya, Kadinas Pendidikan, Zainul Hakim, SH,. MH dan Waliwilayah Kota Pekalongan, Ngasni, M.Pd

Kota Pekalongan – – Sosialisasi dilakukan secara berkala dan berkesinambungan dalam rangka memberikan pemahaman yang bermakna kepada sekolah, orangtua, dan masyarakat terkait dengan transisi PAUD-SD yang menyenangkan, baik dengan berbagai pertemuan secara langsung, publikasi ( Talk show lewat batik TV, medsos, pokja II pkk, bunda paud kelurahan dan kecamatan, booklet, backdrop, x baner).

Hal itu disampaikan oleh Kadinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, saat FGD Tim Forkom Transisi PAUD-SD menyenangkan yang dilaksanakan di Kantor Setda Kota Pekalongan. Kegiatan dihadiri oleh 20 org peserta, dan kegiatan ditutup oleh Bunda PAUD Kota Pekalongan.

Ngasni, Waliwilayah Kota Pekalongan mengatakan, saat ini inidi daerah ini sudah terbentuk, Tim Forkom Transisi PAUD-SD. “Dari FGD tadi ada berbagai masukan, salahsatunya adalah memasukkan unsur pendidikan dari Kemenag, “tadi akan ada revisi untuk menambahkan unsur dari kementerian agama, yaitu MI dan RA”. Ujarnya.

Kadinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, mengatakan, dengan melakukan peningkatan kompetensi SDM dalam melaksanakan transisi¬† PAUD – SD, melaui: “(1) Bintek transisi PAUD – SD bagi pendidik, kepala sekolah, komunitas belajar (di jenjang PAUD, SD, dan MI), bunda paud kelurahan, kecamatan dan pokja II; (2) Kunjungan Dolan PAUD (Wadul anak paud) bunda paud ke sd/mi dan PAUD yang secara rutin diagendakan; (3) Parenting paud sd kolaborasi HIMPSI bagi orang tua/komite sekolah; (4) Kunjungan anak paud ke SD/Sederajat; (5) Monev pelaksanaan transisi paud sd; (6) Parenting lewat youtube paudsakpore (sosiodrama)”. Ungkapnya.

Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggid Soraya saat penutupan mengatakan. Beberapa kegiatan yang akan segera diagendakan dalam mendukung transisi PAUD-SD, diantaranya: (1) Sosialisasi transisi paud sd bersama dengan mahasiswa (UIN Gusdur) lewat daring atau lewat dunia usaha (mall); (2) launching gesit menyenangkan bagi SD/sederajat dan PAUD (festival); (3) saling kujung sd paud ( guru ) sister school; (4) Praktik baik pembelajaran yang menyenangkan ke kab/kota lain bagi pengawas/penilik; (5) pengadaan APE ( alat permainan edukatif ) untuk SD /sederajat kelas bawah.

“Semoga dengan berbagai program transisi foto SD di Kota Pekalongan bisa dilaksanakan dengan sebaiknya agar para siswa bisa belajar dengan aman nyaman dan menyenangkan di satuan pendidikan yang ada di kota Pekalongan. Kami berharap agar Program Kunjungan Dolan PAUD (Wadul Anak PAUD) Ke Satuan Pendidikan yang Rutin Dilaksanakan bisa berdampak baik dan kepada kepala sekolah jenjang SD dan Madrasah ibtidaiyah untuk melaksanakan transisi proteksi menyenangkan ini dengan konsisten”. Pesannya kepada para peserta FGD.

Pujiadi menambahkan bahwa Terkait dengan regulasi : (1) Ditetapkannya Surat Edaran nomor 400.3/1181.1 tanggal 6 Juli 2023 tentang Pelaksanaan Hari Pertama Sekolah dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru jenjang SD tahun pelajaran 2023/2024; (2) masih dalam proses pengusulan Perwal Transisi PAUD-SD.

Penulis: Syaifulloh/Editor: Tartib S&Yeni E