Published On: 12 October 2023Categories: Berita, Headline

Foto: Siti Badriatul Ahyani, Narasumber Bimtek berbagai praktik baik kepada peserta

BBPMP Jateng – Ppengawas pendidikan dari berbagai wilayah berkumpul di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jateng untuk mengikuti pelatihan transformasi satuan pendidikan. Acara ini diadakan mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober dan telah mendapat respon sangat positif dari peserta.

Salah satu peserta, Khusnul Khotimah, pengawas TK dari kota Magelang, merasa sangat terkesan dengan materi yang disampaikan selama pelatihan. Ia menyebut materi-materi yang disampaikan sangat-sangat bagus dan relevan dengan tugas pengawas sekolah. Khusnul Khotimah juga menekankan pentingnya pengawas dapat menerapkan konsep-konsep baru yang diperoleh selama pelatihan di lembaga binaannya.

Kasmani, seorang pengawas PAUD dari Kabupaten Pati, juga memberikan testimoni positif. Ia merasa bahwa pelaksanaan pelatihan berjalan lancar tanpa kendala, baik dari segi sarana, tempat, hingga koneksi WiFi. Ia juga memuji narasumber pelatihan yang memberikan materi dengan sangat baik.

Muawanah naasumber Bimtek Siti Badriatul Ahyani, di kelas PAUD mengatakan bahwa materi pelatihan disebut sangat penting bagi pengawas sekolah dalam melaksanakan transformasi satuan pendidikan, khususnya dalam konteks kurikulum Merdeka.

“Peserta berharap bahwa mereka dapat mengimplementasikan materi-materi yang telah mereka pelajari dalam lembaga binaan mereka, dengan tujuan meningkatkan literasi dan karakter siswa”. Ungkapnya.

Ia memberikan catatan bahwa meskipun materi-materi sangat bagus, alur kegiatan terasa terlalu banyak teori. Ia berharap agar kegiataan ini dapat lebih kontekstual dan praktis agar pengawas sekolah dapat lebih mudah mengaplikasikannya di lapangan.

Nani yang ikut mendampingi supervisi, menekankan pentingnya kerja sama antar pengawas dan berbagi pengalaman untuk mengimplementasikan materi pelatihan di sekolah masing-masing.

“Kolaborasi ini akan memperkuat sistem pendidikan di daerah tersebut dan mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik”. Ujarnya.

Sebagai¬† pendampingan supervisi, Nani Rosdijati merasa optimis bahwa pengawas pendidikan akan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dari Bimtek ini secara efektif di lapangan. “Bahwa mereka memiliki potensi besar untuk mengubah dunia pendidikan menjadi lebih baik”. Ujarnya lagi.

Meskipun ada beberapa catatan, keseluruhan peserta tampak sangat bersemangat untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan ini. Mereka berharap bahwa pelatihan transformasi satuan pendidikan pengawas sekolah ini akan berdampak positif pada dunia pendidikan, terutama di tingkat PAUD.