Published On: 25 October 2023Categories: Berita, Headline

Foto: Narasumber berbagi praktik baik pada acara Bimtek Literasi Angkatan 4 di BBPPMP Jateng

BBPMP Jateng – – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan pada tanggal 24-26 Oktober 2023. Acara ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan perwakilan guru dari berbagai daerah di Jawa Tengah,  dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui capaian literasi dan numerasi di satuan pendidikan..

Kasianto, salah satu narasumber berasal  dari Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyumas, yang memberikan dukungan dalam menghadapi tantangan transformasi dan pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi. Materi Bimtek ini sangat relevan dengan kebutuhan peserta Bimtek ang berasal dari berbagai daerah.

“Peserta Bimtek, penuh semangat, menyambut acara ini dengan pemahaman yang mendalam akan peran literasi dalam mengubah dan memperbaiki proses pembelajaran di sekolah mereka. Kasianto, juga mengungkapkan betapa materi-materi yang dibahas dalam Bimtek sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas literasi di sekolah-sekolah mereka”. Jelasnya

Ardiani Mustikasari, Widya Prada pendamping kelas Bimtek, mengakui manfaat besar yang diperoleh oleh guru-guru dalam menguatkan pemahaman literasi.

“Bimtek literasi ini akan memberikan wawasan tentang penguatan literasi berbasis teks multi modal dan berbagai sumber bacaan multimodal yang mendukung lingkungan belajar yang inspiratif”. Ungkapnya.

Vivin Riyanti, seorang guru dari SD Negeri 3 Pejawaran Banjarnegara, juga membagikan pengalamannya dari Bimtek ini. Ia menyoroti pentingnya literasi multimodal dalam menyesuaikan materi dengan jenjang dan minat siswa.

“Literasi lingkungan sekolah juga menjadi fokus dalam Bimtek ini, dengan tujuan menciptakan lingkungan sekolah yang kaya akan literasi, seperti poster, tanaman, mading, dan bahan bacaan yang sesuai dengan kemampuan siswa”. Ujarnya.

Ardiani meambahkan bahwa keikutsertaan pada Bimtek ini adalah bukti konkret dari komitmen guru-guru untuk bersama meningkatkan literasi siswa .

“Dengan pengetahuan dan inspirasi yang mereka peroleh, mereka berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik, mengubah siswa menjadi pencinta literasi, dan meraih kesuksesan dalam pembelajaran di satuan pendidikan”. Tambahnya.

Sebagai peserta, Vivin juga mengucapkan terima kasih kepada semua narasumber, peserta lainnya, dan panitia BBPMP Jateng atas dedikasinya dalam melaksanakan Program Bimtek bagi satuan pendidikan.

“Program Bimtek ini telah menginspirasi dan memotivasi kami para pendidik untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam mendidik generasi dalam mencapai peningkatan literasi dan numerasi di satuan pendidikan”. Pungkasnya.