Published On: 28 March 2024Categories: Berita

Semarang – – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah menyelenggarakan Bimtek Optimalisasi Peran Pengawas dalam Mendorong Transformasi Satuan Pendidikan. Antusiasme tinggi dari para pengawas terlihat dari 100% kehadiran di kelas B, menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Saalah satu narasumber Bimtek, Issufiah Dwi Nuryati, Pengawas Sekolah Dasar dari Surakarta, mengungkapkan rasa senangnya atas terselenggaranya bimtek ini.
“Kegiatan ini penting untuk memastikan para pengawas memahami peran baru mereka sesuai regulasi terbaru”. Ujarnya.

Issufiah berharap para pengawas dapat menerapkan ilmu yang diperoleh, seperti mendampingi kepala sekolah dalam menyusun rencana kerja dan mengelola aset sekolah.

“Hal ini diharapkan dapat membawa perubahan positif di tingkat sekolah”. Tegasnya.

Muhamad Fauzan, Pengawas SD dari Kendal, juga antusias mengikuti bimtek ini. Ia menjelaskan bahwa bimtek meningkatkan pemahaman para pengawas dalam merencanakan dan melaksanakan program-program pendidikan, $seperti pembelajaran berdiferensiasi dan disiplin positif”. Ungkapnya.

Rofiq Mubarok, Pengawas dari Kabupaten Jepara mengatakan, Bimtek ini memberikan materi yang konkret dan aplikatif yang dapat dilakukan pengawas dalam pendampingan kepala sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi di lingkungan sekolah.

“Materi ini sangat bermanfaat dan mendukung tugas pengawas dalam membantu sekolah meningkatkan mutu pembelajaran”.Tambahnya.

Ia menambahkan, Bimtek ini menekankan pentingnya berpikir kreatif dan inovatif bagi kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah dan menerapkan konsep Asset Based Thinking.

“Hal ini sangat penting untuk mendukung transformasi satuan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan”. Tambahnya lagi.

Dukungan BBPMP Jawa Tengah dalam mengadakan bimtek ini menunjukkan komitmen dalam memberikan pembekalan bagi para pengawas sebagai garda terdepan pendampingan transformasi pendidikan di satuan pendidikan.