Published On: 17 April 2020Categories: Artikel, Headline

Oleh : Pujiadi – Widyaiswara LPMP Jateng

Adanya kebijakan belajar dari rumah bagi para siswa, khususnya dimasa pandemi covid-19 ini, tidak perlu membuat para guru menjadi khawatir akan target penguasaan materi bagi siswanya. Termasuk teman-teman guru pengampu mata pelajaran matematika. Barangkali ada yang berpikiran “orang belajar tatap muka sama gurunya di kelas saja susah mudengnya, apalagi suruh belajar sendiri di rumah”…..opppssss, ga boleh gitu gaes !.

Guru bisa memfasilitasi anak-anak untuk belajar sendiri di rumah dengan baik dan efektif. Diantaranya menyediakan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan secara mandiri di rumah. Guru bisa mengembangkan sendiri media pembelajaran itu dengan teknik pengembangan aplikasi multimedia yang dipilih, atau dapat menggunakan media pembelajaran yang sudah banyak dishare di internet, atau melalui berbagai komunitas.

Berikut ini adalah salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan secara mandiri oleh anak-anak untuk belajar sendiri di rumah.

Media pembelajaran ini berjudul TRANSFORMASI GEOMETRI. Berisi teori dan animasi dari konsep penting untuk topik transformasi geometri (transgeo), disertai contoh soal dan uji komperhensif. Media ini membantu menjelaskan kepada siswa tentang konsep transgeo yang bersifat abstrak. Animasi yang ada dapat digunakan sebagai simulasi secara interaktif dengan siswa sehingga proses belajar bisa lebih menarik dan bermakna (meaningfull learning) bagi siswa.

Media ini dapat digunakan untuk lebih memantapkan penguasaan siswa tentang konsep transgeo, juga dapat digunakan untuk menguji kemampuan diri bagi siswa dalam menguasai materi transgeo. Secara mandiri siswa belajar dirumah dengan media ini menggunakan PC atau laptop. Kapasitas hardware yang dibutuhkan juga sangat minimalis yaitu RAM 64 Mbyte, display driver VGA 4 MB, high colour 16 bit, dan media simpan dengan kapasitas sisa 850Mb.

Media ini dikembangkan menggunakan software SWiSH Max sebagai software utama dan Macromedia sebagai software player. Setelah mendapatkan file media ini, siswa tinggal open untuk menjalankannya. Karena media ini dibuat untuk bekerja secara autorun. Semua instruksi untuk menjalankan media ini sudah tercantum dengan jelas. Secara mandiri siswa tinggal memilih menu-menu yang diinginkan karena sudah terdapat navigasi yang terpadu pada panel, dan dapat dilakukan secara berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan.

Garis besar konten dari media ini, diuraikan secara ringkas melalui user guide berikut.

  1. Setelah media ini diaktifkan akan muncul loading system dan pendahuluan, lalu tampil main menu (lihat gambar di bawah ini), klik salah satu menu yang Anda inginkan.

  1. Anda dapat mulai ke menu Standar Kompetensi dengan tampilan seperti berikut :

        Klik    jika Anda ingin kembali ke main menu  

  1. Pada menu Materi, Anda bisa memilih satu dari empat topik yang tersedia yaitu Translasi, Rotasi, Refleksi atau Dilatasi , dengan tampilan awal masing-masing seperti berikut :

  • Anda tinggal memilih salah satu dari materi yang Anda inginkan, di dalamnya mengandung pengertian dan konsep dasar dari materi yang Anda pilih, termasuk matriks yang bersesuaian, disertai pula contoh-contoh soal dan penyelesaiannya.

  • Pada masing-masing slide, Anda klik  jika ingin melanjutkan ke slide berikutnya, dan klik  jika ingin kembali slide sebelumnya. Anda juga bisa klik   jika menginginkan tayangan tanpa lustrasi musik dan klik  jika ingin kembali ada ilustrasi musik. Klik    jika Anda ingin mengulang animasi dan klik  jika ingin kembali ke main menu.

  1. Dari main menu Anda bisa menguji pemahaman Anda dengan memilih menu tes komperhensif, dengan tampilan awal seperti berikut :

Ketik nama Anda lalu klik Masuk dan  maka akan muncul tampilan :

Klik  maka Anda sudah memulai test pada soal no 1, pilih salah satu jawaban dengan meng-klik satu option yang sesuai dengan pilihan jawaban Anda, demikian seterusnya sampai no 10.

  1. Setelah Anda selesai menjawab semua soal (10 soal), maka dengan mengklik  akan muncul skor yang Anda peroleh dengan tampilan seperti berikut:

  1. Jika Anda menginginkan pembahasan soal, tinggal klik Lihat Pembahasan, maka akan muncul tampilan :

  • Anda tinggal mengklik salah satu nomor yang Anda inginkan (tidak harus urut), maka akan muncul pembahasan yang Anda inginkan.

  • Sebagai contoh misalkan Anda meng-klik nomor 5, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

  • Demikian seterusnya hingga Anda merasa cukup melihat pembahasan dari nomor-nomor soal yang Anda inginkan.

Akhir kata, media ini masih jauh dari sempurna dan masih terus dibenahi, kritik dan saran kami harapkan dari pengguna yang budiman.

Selamat menggunakan media TRANSFORMASI GEOMETRI semoga bermanfaat.

Media ini bisa diperoleh dengan mengunduh di link atau QR Code berikut.