Srondol Kulon – LPMP Jawa Tengah. Validitas Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) merupakan target Renstra Kemdikbudristek dengan target kenaikan persentase kabupaten/kota yang memiliki data pokok pendidikan dasar dan menengah akurat, terbarukan dan berkelanjutan. Dan sampai dengan saat ini kualitas DAPODIK belum mencapai 100 persen. Dalam upaya meningkatkan kualitas DAPODIK tersebut, BBPMP Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Narasumber Verifikasi dan Validasi DAPODIK Kabupaten/Kota.

Kegiatan Bimbingan Teknis dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 9 sampai dengan 11 November 2022 di kantor Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah, Jl. Kyai Maja, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang. Adapun sasarannya adalah praktisi pengelola data pokok pendidikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Co-Captain Akun Pembelajaran di wilayah Provinsi Jawa Tengah sejumlah 70 orang.

Mewakili Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Plh. Kepala Bagian Umum, Mohammad Adi Hartono, SE, MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa Bimbingan Teknis Narasumber Verifikasi dan Validasi DAPODIK Kabupaten/Kota diselenggarakan untuk mencetak narasumber yang siap memberikan ssosialisasi berbagai materi tentang Kualitas DAPODIK, Perencanaan Berbasis Data, dan Platform Digital Kemendikbudristek bagi operator kecamatan. Calon narasumber yang dilatih ini nantinya akan memberikan materi tentang Kualitas DAPODIK kepada seluruh operator Kecamatan di Provinsi Jawa Tengah.

Mengakhiri sambutannya, Adi Hartono mengharapkan para calon narasumber dapat menjadi ujung tombak dalam mencapai target kenaikan persentase kabupaten/kota yang memiliki data pokok pendidikan dasar dan menengah akurat, terbarukan dan berkelanjutan hingga 99 persen. (JP)