Published On: 6 May 2024Categories: Berita, Headline

(Semarang, 06/05/2024). Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah kembali mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Terbaik ketiga di lingkungan Kemendikbudristek tahun anggaran 2023. Penghargaan tersebut adalah yang keempat kalinya, setelah sebelumnya memperoleh penghargaan di tahun 2019, tahun 2020, dan tahun 2022. Upacara pemberian penghargaan dilakukan pada hari Selasa, 30 April 2024 di Plaza Insan Pendidikan Berprestasi Lobby Gedung A Kemendikbudristek. Piagam penghargaan diberikan oleh Ibu Suharti selaku Sekretaris Jenderal, mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Penghargaan diterima langsung oleh Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Nugrahaeni Triastuti. Selain BBPMP Provinsi Jateng, unit pelaksana teknis lain yang menerima penghargaan tersebut antara lain Balai Penjaminan Mutu Pendidikan DKI Jakarta, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

BBPMP Provinsi Jawa Tengah mendapatkan Predikat “AA”, dengan nilai 91,70. Predikat AA mengandung arti BBPMP Provinsi Jawa Tengah mempunyai kinerja sangat memuaskan telah terwujud good governance. Seluruh kinerja dikelola dengan sangat memuaskan dam elah terbentuk pemerintah yang yang dinamis, adaptif, dan efisien (Reform), dan pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level individu”. Pada kesempatan pemberian penghargaan tersebut, Mendikbudristek menyampaikan pesan Keberhasilan dan keberlanjutan dari gerakan Merdeka Belajar sangat bergantung kepada komitmen seluruh pihak untuk mengedepankan transparansi dalam pengelolaan anggaran, penetapan dan pelaksanaan kebijakan kita, serta program dan anggaran yang harus fokus pada alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja, dan berorientasi kepada hasil.

Dr. Nugraheni Triastuti selalu Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah berpesan pesan agar penghargaan tersebut tidak menjadikan pegawai BBPMP Provinsi Jawa Tengah berpuas diri. Beliau menyampaikan agar seluruh pegawai meningkatkan akuntabilitas kinerja dan memberikan pelayanan yang prima. Dan tidak lupa untuk mengimbaskan praktek baik yang ada di BBPMP Provinsi Jawa Tengah ke unit pelaksana teknis lain.

Pemberian pengharan SAKIP dilingkungan Kemendikbdristek sendiri dilakukan setiap tahun. Evaluasi dilakukan oleh auditor internal dari Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek. Instrumen evaluasi SAKIP yang digunakan mengacu pada panduan evaluasi yang dikeluarkan KemenPAN dan RB. Evaluasi SAKIP sendiri mengukur implementasi atas empat komponen mulai dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi kinerja. (Imron)