Published On: 27 March 2023Categories: Berita

Keterangan Foto: Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti, SE,.M.Si Saat Apel pagi didampingi Kabag Umum dan Waliwilayah di Aula Sukarno.

Semarang – – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah telah sukses melaksanakan program peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Jawa Tengah. Program ini telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan jaminan mutu pendidikan yang lebih baik di Jawa Tengah.

Kepala BBPMP Jateng, Nugraheni Triastuti, mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan jaminan mutu pendidikan yang lebih baik di Jawa Tengah. Program ini melibatkan seluruh pihak yang terkait dengan pendidikan, mulai dari guru, siswa, orang tua, hingga pemerintah daerah yang muaranya terjadi kenaikan nilai Literasi dan Numerasi.

“Dalam program ini, kami berfokus pada upaya peningkatan kualitas pendidikan di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari PAUD SD, SMP. Kami juga berupaya untuk memperkuat kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka memberikan jaminan mutu pendidikan yang lebih baik di Jawa Tengah,” ujarnya.

Nugraheni menambahkan bahwa BBPMP Jateng telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka program ini, mulai dari pelatihan untuk Kombel (Komunitas Belajar), evaluasi dan monitoring kualitas pendidikan, hingga penyusunan standar mutu pendidikan yang lebih baik melalui Asesmen Nasional.

“Kami juga mengadakan berbagai kegiatan pengembangan kurikulum dan pelatihan untuk Kombel, sehingga guru-guru di satuan pendidikan dapat memanfaatkan PMM (Platform Merdeka Mengajar) dan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam memberikan pembelajaran yang lebih baik kepada siswa. Selain itu, kami juga melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kualitas pendidikan di wilayah Jawa Tengah, serta menyusun standar mutu pendidikan yang lebih baik,” katanya.

Kami juga melakukan pendampingan pembuatan anggaran daerah sangat penting dalam pencapaian SPM bidang pendidikan di pemerintahan daerah. Melalui Waliwilayah kami berusah memberikan pemahaman tentang capaian 15 indikator urusan pendidikan yang harus dicapai oleh Pemda memberikan porsi anggaran pada sub kegiatan.

“Dengan pendampingan ini kami berharap ada kolaborasi dalam mengikuti proses yang baik dan benar, pemerintah daerah dapat mengalokasikan dana secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan dan program yang telah ditetapkan sesuai SPM. Hal ini dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah serta memberikan manfaat bagi peningkatan mutu pendidikan¬† oleh pemerintah daerah.” Tegasnya.

Program peningkatan kualitas pendidikan ini mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, Dewan Pendidikan, Kemenag, dan mitra pembangunan. Diharapkan, program ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi pendidikan di Jawa Tengah.

Penulis : Syaifulloh /Editor: Tartib Supriyadi