Published On: 21 September 2023Categories: Berita, Berita Daerah, Headline

Foto: Rombongan BBPMP Jateng dan Perwakilan BI Tegal Merajut Kerjasama Mendukung Merdeka Belajar

Kota Tegal – – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah dan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal sepakat pentingnya berkolaborasi dan bersinergi yang bertujuan untuk mendukung program Merdeka Belajar. Pertemuan penting ini berlangsung pada hari Kamis, 21 September 2023, di ruang Rapat Perwakilan BI Tegal, dan turut dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Tegal, Humas dan tim lainnya.

Tartib Supriadi, perwakilan dari BBPMP Jateng, menyampaikan pentingnya kolaborasi dengan Mitra Pembangunan, termasuk Perwakilan BI Tegal, dalam mendukung keberhasilan program Merdeka Belajar. Dia menekankan bahwa kebijakan ini harus menjadi sebuah gerakan bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah.

Sementara itu, Teguh Triyono, Deputi Kepala Perwakilan BI Tegal, menyambut baik kerjasama ini dan menegaskan kesiapan Perwakilan BI Tegal untuk berkolaborasi sesuai dengan kewenangannya. Beliau juga mengingatkan bahwa BI pusat telah mendukung kegiatan Merdeka Belajar sebelumnya dan mendapatkan apresiasi dari Kemendikbudristek.

Dalam pertemuan tersebut, Sudaryanta dari BBPMP Jateng mengajukan pertanyaan terkait pentingnya kegiatan kreativitas untuk siswa, khususnya dalam penguatan profil pelajar Pancasila.

Syaifulloh, Konsultan BBPMP Jateng, menambahkan pertanyaan mengenai dukungan capaian Standar Pendidikan Minimum (SPM), terutama dalam hal Literasi Numerasi, dan menanyakan apakah ada program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dapat diakses oleh satuan pendidikan.

Teguh Triyono Deputi Kepala Perwakilan BI Perwakilan Tegal memberikan tanggapan yang positif terhadap semua pertanyaan tersebut, menunjukkan kesiapan Perwakilan BI Tegal untuk mendukung berbagai aspek penting dalam dunia pendidikan yang sesuai dengan mekanisme, pagu anggaran, kegiatan dan  kewenangan kebijakan BI Perwakilan Tegal.

“Kami selama ini sudah bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk memberikan bantuan langsung kepada satuan pendidikan sesuai dengan program dari Perwakilan BI Tegal”. Ungkapnya.

Tatik Lestari dari BBPMP Jateng berharap agar kerjasama ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan menghasilkan kolaborasi yang bermanfaat antara BBPMP Jateng dan Perwakilan BI Tegal.

Kerjasama ini menjadi tonggak penting dalam mendukung pendidikan  dan merupakan komitmen nyata untuk mewujudkan Merdeka Belajar yang berkualitas.