Oleh: Imron Masyhadi – Paltform Merdeka Mengajar (PMM) dikembangkan oleh Kemendikbudristek dalam rangka mendukung kapasitas guru di satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Fitur yang disediakan dalam aplikasi PMM terdiri dari asesmen murid, perangkat ajar, pelatihan mandiri, komunitas, video inspirasi dan bukti karya.

Fitur asesmen murid berisi paket-paket soal literasi dan numerasi mulai dari fase A-fase F. fitur ini dapat digunakan oleh guru untuk mengasesmen murid dikelasnya. Asesmen tersebut dapat dilakukan secara online maupun offline. Berikut langkah-langkah menggunakan asesmen murid pada aplikasi PMM.

  1. Mengakses Platform Merdeka Mengajar melalui:

a. Website: https://guru.kemdikbud.go.id/, atau

b. Aplikasi ponsel pintar (smartphone), pilih aplikasi play store di ponsel Anda, ketik merdeka mengajar pada kolom pencarian, lalu klik install dan aplikasi PMM secara otomatis terpasang di smartphone anda dengan nama ‘Mengajar’.

  1. Log in ke aplikasi PMM

a. Buka aplikasi Mengajar yang sudah terpasang pada ponsel Anda, lalu klik Selanjutnya.

b. Klik Mulai untuk Log In ke aplikasi

c. Log In dengan menggunakan akun belajar.id

  1. Setelah berhasil log in, muncul tampilan seperti gambar di bawah. Klik “Asesmen Murid”:

  1. Setelah Klik “Asesmen Murid”, muncul tampilan seperti gambar di bawah. Pilih fase (kelas) dan mata pelajaran yang akan digunakan:

  1. Setelah pilih fase (kelas) dan mata pelajaran yang kita inginkan. klik konten mata pelajaran asesmen yang akan kita gunakan:

  1. Setelah klik “Gunakan Asesmen Ini” untuk memilih konten asesmen. Jika ingin melihat soal terlebih dahulu, klik “Daftar Soal”.

  1. Setelah klik “Gunakan Asesmen Ini”. muncul gambar seperti di bawah. Pilih cara penggunaan (online/offline), klik “Lanjut” jika kita menggunakan cara Online.

Jika kita memilih cara offline, akan muncul gambar di bawah ini. Silahkan unduh dokumen asesmen dan kunci jawaban. Cetak dan bagian ke siswa yang akan mengikuti asesmen.

  1. Setelah klik “Lanjut”. muncul gambar seperti di bawah. Klik “Buat Kelas Baru” jika belum mempunyai kelas. Centang nama kelas jika kita telah mempunyai kelas.

  1. Setelah klik “Lanjut” muncul gambar seperti di bawah. Klik “Buat Tautan”. Kita akan mendapatkan tautan pengerjaan. Tautan tersebut kita bagikan ke siswa untuk dikerjaan.

  1. Setelah siswa selesai mengerjakan, guru dapat melihat hasil asesmen beserta analisisnya. Klik “Asesmen Saya”, akan muncul gambar seperti di bawah.

  1. Klik salah satu kelas untuk melihat hasil asesmen murid. Akan muncul gambar seperti di bawah.

Pada halaman hasil asesmen terdapat informasi jumlah partisipasi murid yang mengikuti asesmen, dan juga hasil analisis kelasnya. Semoga bermanfaat.