PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SILABUS MELALUI KEGIATAN KKG DI SD NEGERI 1 HARJOWINANGUN KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Suharto
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan silabus oleh guru melalui kegiatan KKG di SD Negeri 1 Harjowinangun Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan metode Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 10 orang guru dan dilaksanakan dengan 2 kali siklus, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi lapangan. pada siklus pertama guru diminta menyusun silabus secara mandiri, namun hanya ada guru 4 guru yang mampu menyusun silabus dalam kategori cukup, sementa 6 guru lainya dalam kategori kurang. Pada siklus kedua guru diberi sosialisasi, bimbigan dan pendampingan tentang penyusunan dan pengembangan silabus sesuai dengan model Kurikulum 2013 yang menyertakan nilai kearifan lokal, setelah itu guru diminta menyusun silabus secara mandiri. Dari hasil siklus kedua terdapat peningkatan kemampuan dalam penyusunan silabus, terbukti 1 guru mampu menyusun silabus dalam kategori amat baik, sementara 9 guru dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa kegiatan KKG Guru terbukti meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan mengembangkan silabus pembelajaran di SD Negeri 1 Harjowinangun Tahun 2019/2020.
Kata Kunci : kelompok kerja guru,kemampuan, penyusunan, silabus