PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN INSTRUMEN TES BAGI GURU SDN 1 NAMBUHAN PURWODADI GROBOGAN
Ruswadi
Kepala SDN 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat mengikuti kegiatan dan kemampuan pengembangan instrumen tes melalui penerapan supervisi klinis bagi guru SDN 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang memiliki pengalaman mengajar kurang dari 5 tahun sejumlah 3 orang yaitu kelompok guru kelas tinggi, yaitu guru kelas IV, V dan VI. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan yang mliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan minat guru dalam mengembangkan instrumen tes, yakni nilai minat pada siklus I sebesar 79 menjadi 93 pada siklus II. Kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas memiliki kepentingan secara langsung dengan guru terutama dalam membina mengembangkan keterampilan dan pengetahuan guru yang berkaitan dengan pengembangan instrumen tes.
Kata kunci: supervisi klinis, minat dan kemampuan mengembangkan instrumen tes