Published On: 17 November 2021Categories: Widyatama

PENINGKATAN KINERJA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU SDN SUMBERSARI 02  KAYEN PATI

 

Nyarmadi

Kepala SDN Sumbersari 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kinerja dalam perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik bagi guru SDN Sumbersari 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Kepala Sekolah dengan tindakan supervisi akademiknya, sedangkan 7 guru sebagai obyek sekaligus subyek dalam pemberian supervisi akademik. Prosedur penelitian dilakukan dengan siklus sebanyak 2 siklus masing- masing 3 kali pertemuan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran dengan menyusun Silabus dan RPP mengalami peningkatan melalui supervisi akademik kepala sekolah pada dua siklus. Siklus I kualitas Silabus yang dikumpulkan hanya mengalami sedikit peningkatan 53,5% (Kurang) dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 82,5% (Sangat Baik). Sedangkan kualitas RPP dari siklus I mencapai 55,7% (Cukup) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 90,3% (Sangat Baik). Implementasi pembinaan supervisi akademik ternyata telah berjalan dengan baik dapat meningkakan kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran di SDN Sumbersari 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Kata kunci: kinerja dalam perencanaan pembelajaran dan supervisi akademik