PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA KELAS VI
Sudaryati
Guru SD Negeri 2 Pule Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. E-mail: sudaryati415@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Lembaga-lembaga Negara melalui penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing siswa kelas VI SD Negeri 2 Pule tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, tiap siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya: (1) Peningkatan kualitas pembelajaran materi Lembaga-lembaga Negara melelui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing, pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Pule. Hal ini terbukti dari peningkatan rata-rata proses pembelajaran dari prasiklus sebesar 24,06% naik menjadi 53,7% dan pada siklus II menjadi 90,73%; (2) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut terbukti pada peningkatan rata-rata pada observasi aktivitas belajar siswa dari rata-rata 7,6 di prasiklus naik menjadi 11,4 pada siklus1, kemudian naik kembali menjadi 15,2 pada siklus II; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari perolehan rata-rata kelas yang selalu meningkat. Rata-rata kelas pada kondisi prasiklus sebesar 59,44 dengan ketuntasan siswa 33,33% kemudian naik pada siklus I, rata-rata kelas pada siklus I sebesar 76,11 dengan ketuntasan siswa 66,67% sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 85,56 dan ketuntasan siswa 88,89%.
Kata Kunci: Snowball Throwing, Aktivitas, Hasil Belajar PKn