PENINGKATAN KUALITAS RPP SATU LEMBAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK GURU-GURU SD KELAS IV, V, DAN VI GUGUS PANTAI KARTINI KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Karsidi
Pengawas Sekolah Kabupaten Sukoharjo
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas RPP satu lembar guru-guru SD kelas IV, V, dan VI Gugus Pantai Kartini Mojolaban tahun pelajaran 2020/2021 melalui supervisi akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV sebanyak 10 orang. Guru Kelas V sebanyak 10 orang dan guru kelas VI sebanyak 10 orang dari 8 SD Negeri dan 2 SD Swasta di gugus Pantai Kartini Mojolaban Sukoharjo. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan proposal (2) membuat instrumen (3) pelaksanaan supervisi akademik secara kelompok (Penataran tingkat lokal) dalam siklus I dan supervisi akademik secara individu (percakapan individu)) dalam siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan. Penelitian tindakan sekolah ( PTS ) termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I teknik penataran tingkat lokal dan hasil siklus II dengan teknik percakapan pribadi. Hasil penelitian siklus I RPP satu lembar yang dibuat oleh guru-guru kelas IV, V, dan VI masih belum maksimal maka perlu diadakan supervisi lagi pada siklus II yaitu pelaksanaan tindakan supervisi secara individual (percakapan individu). Hasil rata-rata kualitas RPP satu lembar pada kondisi awal 58,5 (kategori kurang ); pada siklus I 75,6 (kategori baik ). Peningkatan hasil siklus I dibanding kondisi awal 29,3%. Sedangkan hasil rata-rata kualitas RPP pembelajaran tematik pada siklus II 85,22 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus I 13%.
Kata Kunci : Peningkatan Kualitas RPP satu lembar, supervisi akademik.